Fakultas Ekonomi

 

fe

Sejarah Fakultas Ekonomi Unram

Fakultas Ekonomi Universitas Mataram (FE Unram) merupakan salah satu fakultas tertua dan terfavorit yang ada di Unram. Fakultas Ekonomi Unram awalnya dirintis atas permintaan Gubernur KDH Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) R. Ar. Moh. Ruslan Cakraningrat pada tanggal 17 Nopember 1963 untuk membuka sebuah fakultas baru yaitu Fakultas Ekonomi di samping Fakultas Hukum yang pada saat itu di Yayasan Pendidikan Sangkareang. Dibukanya fakultas ini adalah sebagai persiapan untuk dijadikan fakultas negeri. Fakultas Ekonomi Sangkareang  pertama kali memiliki 85 orang mahasiswa.

Program Studi

fe2Pada saat ini Faklutas Ekonomi Universitas Mataram telah menunjukkan Perkembangan positif, baik secara fisik maupun jumlah program studi yang dibina. Tercatat tahun 2011 jumlah program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Unram sebanyak 10 program studi yang meliputi program studi pada jenjang pendidikan sarjana (S1) dan pendidikan profesi pada jenjang Diploma Tiga (D3) serta Program Magister.

Jenjang Diploma Tiga (D3) Perpajakan dan Diploma Akuntansi dibuka sesuai SK Rektor Nomor: 3831/J18.H/KH.01.11/1997, tanggal 6 Mei 1997 selanjutnya mendapat izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti dengan Surat Keputusan Nomor: 146/DIKTI/Kep./2000, tanggal 16 Mei 2000. Adapun Program lain adalah Diploma 3 Pariwisata yang diselenggarakan sesuai SK Dirjen DIKTI Nomor: 2612/D/T/2001, tanggal 6 Agustus 2001 dengan 3 konsentrasi antara lain: Hotel dan Restoran (HR), Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Bina Usaha Wisata (BW) dan pada tahun 2007 satu konsentrasi ditiadakan, yaitu Bina Usaha Wisata (BW).

Untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1) terdapat program studi Manajemen Non Reguler yang diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 15/DIKTI/Kep./1997, tanggal 17 Januari 1997. Selanjutnya pada jenjang Magister (S2) diselenggarakan Program Magister Manajemen (MM) berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 153/DIKTI/Ke./1999 tanggal 19 April 1999, Program Megister Akuntanasi berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 470/D/T/2009 tanggal 6 April 2009 dan Program Magister Ilmu Ekonomi telah mendapat izin penyelenggaraan berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 1153/D/T/2009 tanggal 15 Juli 2009. Pada tahun 2012 ini Fakultas Ekonomi merencanakan membuka jenjang Sarjana (S1) Program Studi Akuntansi Reguler Sore. Pada tahun ini (2012) juga dipersiapkan Program Studi Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Syariah dan Program Strata Tiga (S3) bidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Program Studi Manajemen

Penyelenggaraan Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen pertama kali pada tahun 1986 dengan No. SK Pendirian: 232/DIKTI/Kep/1986 yang ditandatangani Dirjen Dikti Depdikbud, tahun 1986. Program Studi Manajemen mem-pelajari berbagai konsep, prinsip, pendekatan dan proses manajemen dalam pengelolaan organisasi. Pengembangan potensi yang diharapkan dari proses pembelajaran di Program Studi Manajamen Unram adalah penyelenggaraan pendidikan jenjang Sarjana (S1) bagi masyarakat melalui pengamalan ilmu pengetahuan di bidang bisnis dan manajemen dengan senantiasa menjunjung tinggi etika dan kebebasan akademik untuk menghasilkan sarjana di bidang manajemen yang memiliki semangat untuk melayani masyarakat secara benar dan demi kebenaran, mampu memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah manajerial serta berupaya mengembangkan diri sebagai manajer dan wirausaha yang berintelektual dan berintegritas dalam lingkungan lokal dan global. Misi ini dicapai melalui proses pembelajaran yang menggabungkan metode kelas dan pelatihan praktis lapangan.

Secara umum kompetensi lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unram adalah menghasilkan lulusan dengan kemampuan sebagai tenaga profesional yang beretika tinggi,mampu mengintegrasikan teoritis konseptual dan menerapkannya secara praktis dalam bidang ilmu ekonomi. Sementara kompetensi pendukungnya adalah menghasilkan lulusan dengan kemampuan berkomunikasi, menjalin kerjasama, menggunakan teknologi informasi dan mengembangkan diri secara baik dan efektif. Kompetensi lainnya adalah keterampilan presentasi dan menyampaikan ide/pendapat ditempat kerja maupun di masyarakat umum.

Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan

Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Unram (PS IESP) didirikan tanggal 11 Juli 1996 dengan No. SK: 232/DIK.TI/Kep/1996 dengan SK Izin Operasional No: 4499/D/T/K-N/2010 tertanggal 19 Nopember 2010 dengan nilai akreditasi terakhir B (No SK BAN-PT: 07127/Ak-VIII-S1-001/UMWIEP/I/2005.

Kompetensi lulusan PS IESP Fakultas Ekonomi Unram adalah: (1) Mampu menghasilkan sarjana ekonomi yang handal dalam melakukan analisis permasalahan perekonomian dan dalam upaya pengembangan ilmu ekonomi; (2) Menghasilkan sarjana ekonomi yang mampu menganalisis permasalahan ekonomi riil di masyarakat seperti kemiskinan, kerusakan lingkungan, pariwisata, agribisnis, pengelolaan keuangan mikro dan berbagai persoalan pembangunan masyarakat; (3) Menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki keahlian kewirausahaan, kompetensi sosial, dan berbagai soft skill lainnya yang diharapkan menjadi bekal dalam berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat.

Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unram didirikan dengan No. SK: 232/DIK.TI/Kep/1996 tertanggal 21 Mei 1996 yang ditandatangani Dirjen DIKTI, Bambang Suhendro. SK Izin Operasional No: 136/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 26 September 2001 dengan nilai akreditasi terakhir B (No SK BAN-PT: 07645/Ak-IX-S1-017/UMWAKT/X/2005.

Secara ringkas kompetensi utama lulusan: (a) Memiliki kepribadian yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; (b) Memiliki wawasan dan menguasai pengetahuan dasar akuntansi dengan dukungan teknologi secara tepat; (c) Memiliki etika profesi dan mampu bersikap profesional sebagai akuntan dan profesi lain terkait bidang akuntansi; (d) Mampu melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang sesuai dengan standar nasional.

Kompetensi pendukung, meliputi sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai: (a) Memiliki norma, etika profesi, kejujuran, kedisiplinan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi, sikap kooperatif, dapat dipercaya, dan empatik, serta mempunyai etos kerja yang tinggi dan melaksanakan usaha terbaiknya dalam setiap kegiatan; (b) Lulusan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan kebiasaan dalam menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatannya secara lebih produktif dan inovatif dalam rangka beradaptasi terhadap kebutuhan stakeholder di sektor publik dan UMKM; (c) Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sebagai pendukung daya saing dalam menjalankan profesinya.

Prospek Lulusan. Para lulusan program studi akuntansi diharapkan memiliki kemampuan:  (a) Mengembangkan dan meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan dalam bidang studi akuntasi dan mampu menerapkannya; (b) Mengembangkan dan memperkuat landasan studi akuntansi agar mampu menggunakan, mengikuti perkembangan, melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat; (c) Mempersiapkan lulusan program studi akuntansi untuk dapat melanjutkan ke jenjang program S-2 dan S-3 di dalam dan di luar negeri.

Bidang Akuntansi  adalah bidang yang fleksibel dalam berbagai aspek kehidupan,  baik sosial maupun ekonomi.

Program Studi D3 Akuntansi

Program Studi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Unram didirikan dengan SK. No.: 3831/j18.H/KH.01.11/1997 tertanggal 06 Mei 1997 yang ditandatangani Rektor Universitas Mataram.

Adapun kompetensi dan etika lulusan yang diharapkan antara lain adalah: (a) Mampu menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur; (b) Mampu menyusun dan mengevaluasi anggaran perusahaan; (c) Mampu membantu mengelola keuangan suatu organisasi; (d) Mampu menghitung harga pokok produk atau jasa dan menggunakan informasi biaya untuk membantu manajemen mengambil keputusan; (e) Mampu menghitung dan menyelesaikan administrasi perpajakan serta melaporkan kewajiban pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku; (f) Mampu membantu mengaudit laporan keuangan perusahaan; (g) Mampu mengoperasikan aplikasi program komputer; (h) Mampu membantu dalam merancang sistem informasi akuntansi; (i) Mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris; (j) Memiliki interpersonal skill yang memadai agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja; dan (k) Mempunyai jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) dan etika bisnis yang baik.

Program Studi D3 Perpajakan

Program Studi D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi Unram didirikan dengan SK. No.: 3831/J18.H/HK.01.11/1997 tertanggal 06 Mei 1997 yang ditandatangani Dirjen Pendidikan Nasional RI. SK Pendirian No: 146/DIKTI/Kep./2000 dengan penyelenggaraan tertanggal 12 Mei 2000.

Adapun kompetensi lulusan yang diharapkan antara lain adalah: (a) Mampu menangani administrasi perpajakan dalam pengertian yang luas sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku; (b) Mampu dan terampil melaksanakan pencatatan transaksi-transaksi keuangan badan usaha menurut metode akuntansi yang sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku; (c) Mampu memproses data akuntansi yang ada, menyiapkan/menyusun laporan keuangan suatu badan usaha, serta informasi lainnya dari aspek perpajakan untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Harapan Program Studi D3  Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Mataram terhadap lulusannya adalah agar mereka mampu bersaing secara sehat di pasar kerja. Kemampuan dalam bersaing ini dapat dilihat dari pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmunya, dan adanya kepuasan pengguna jasa lulusan. Dilihat dari masa tunggu kerja rata-rata yang relatif singkat (kurang dari 6 bulan) dapat disimpulkan bahwa kompetensi yang dicapai dengan yang diharapkan cukup tinggi.


Comments are closed.