Fakultas Kedokteran

Sejarah Fakultas Kedokteran

fk1Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Unram yang didirikan berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor 1236/D/T/2003 tanggal 18 Juni 2003 telah melaksanakan kegiatan Tridharma sejak tahun akademik 2003/2004. Penyelenggaraan proses belajar mengajar di PSPD sampai saat ini telah berjalan dengan baik sesuai rencana. Untuk penyelenggaraan program pendidikan akademik, PSPD berkerjasama dengan Fakultas Kedokteran Udayana (FK UNUD) dalam proses pembelajaran mata kuliah preklinik dan paraklinik, dan dengan RSUD Mataram/Dikes Provensi NTB dalam proses pembelajaran mata kuliah klinik. Berdasarkan surat Rektor Unram Nomor : 10.146/H18/HK/2007 tanggal 25 Agustus 2007 Program Studi Pendidikan Dokter diubah menjadi Fakultas Kedokteran Unram. Sampai dengan tahun akademik 2011/2012 Fakultas Kedokteran Unram telah meluluskan dokter sebanyak  101 orang.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran

Visi

Terwujudnya Fakultas Kedokteran sebagai institusi pendidikan terkemuka yang berperan aktif dalam pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan pusat rujukan dalam penyelesaian masalah kesehatan di Kawasan Timur Indonesia Tahun 2025.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, FK Unram mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan, untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran bagi masyarakat.
  3. Mengembangkan sistem manajemen institusi pendidikan kedokteran yang efisien dan efektif.
  4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga kedokteran terkemuka.
  5. Menyelenggarakan manajemen kesehatan berbasis kepulauan.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram adalah mempersiapkan lulusan dokter yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika yang tinggi sehingga mampu bekerja secara profesional pada Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) strata pertama.

fk2Kompetensi

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dididik untuk mencapai area kompetensi sesuai yang disyaratkan oleh Standar Kompetensi Dokter Indonesia.  Area kompetensi tersebut terdiri atas (1) Komunikasi Efektif, (2) Keterampilan Klinis, (3) Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran, (4) Pengelolaan Masalah Kesehatan, (5) Pengelolaan Informasi, (6) Mawas Diri dan Pengembangan Diri, dan (7) Etika, Moral, Medikolegal Dan Profesionalisme Serta Keselamatan Pasien

Program Pendidikan

1. Proses dan Lama Pendidikan

Tujuan pendidikan diharapkan dicapai melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi dengan filosofi problem-based learning yang terbagi dalam dua tahap, Tahap Akademik dan Tahap Profesi. Proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan pendekatan pembelajaran terintegrasi, bertumpu pada masalah dan pembelajaran dewasa yang mendorong mahasiswa belajar aktif secara mandiri sebagai bekal untuk belajar sepanjang hayat.

Lama pendidikan pada Tahap Sarjana adalah sekurang-kurangnya 7 semester sampai dengan maksimal 13 semester.  Pendidikan pada Tahap Sarjana ini berlangsung selama 134 minggu dan setara dengan 149 SKS.

Lama pendidikan pada Tahap Profesi adalah sekurang-kurangnya 4 semester sampai dengan maksimal 7 semester.  Pendidikan pada Tahap Profesi  ini berlangsung selama 95 minggu dan setara dengan 40 SKS.

2. Muatan

fk3Muatan materi dalam kurikulum pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram disusun berdasarkan lima tema longitudinal, yaitu (1) Landasan Ilmiah Kedokteran, (2) Ketrampilan Klinis, (3) Penelitian Kedokteran, (4) Individu & Populasi, dan (5) Pengembangan Diri & Profesi.

Tema Landasan Ilmiah Kedokteran mempunyai tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu biomedik dan ilmu kedokteran klinik.  Ilmu biomedik meliputi Anatomi, Biokimia, Histologi, Biologi Sel dan Molekuler, Fisiologi, Mikrobiologi, Imunologi, Parasitologi, Patologi, dan Farmakologi.  Ilmu kedokteran klinik meliputi Ilmu Penyakit Dalam beserta percabangannya, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kebidanan dan Kandungan, Ilmu Penyakit Syaraf, Ilmu Kesehatan jiwa, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Kesehatan Mata, Ilmu Penyakit THT, Radiologi, Anestesi, dan Ilmu Kedokteran Forensik & Medikolegal.

Tema Ketrampilan Klinis mempunyai tujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan prosedur diagnostik, terapeutik dan rehabilitatif yang disyaratkan untuk menangani masalah kesehatan sesuai rambu-rambu dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia.

Tema Penelitian Kedokteran mempunyai tujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan  untuk melakukan penelitian. Topik-topik yang akan dibahas dalam tema ini di antaranya adalah Metodologi Penelitian, Biostatistik, Evidence-based Medicine dan Karya Tulis Ilmiah.

Tema Individu & Populasi mempunyai tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu humaniora dan ilmu kedokteran komunitas.  Ilmu-ilmu humaniora meliputi Ilmu Perilaku, Psikologi Kedokteran, Sosiologi Kedokteran, Antropologi Kedokteran, Agama, Etika & Hukum Kedokteran, Bahasa, Pancasila, serta Kewarganegaraan.  Ilmu kedokteran komunitas terdiri dari Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kedokteran Pencegahan, Epidemiologi, Ilmu Kesehatan Kerja, Ilmu Kedokteran Keluarga,  dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat.

Tema Pengembangan Diri & Profesi mempunyai tujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk terus meningkatkan kemampuan diri setelah lulus dan menjalankan profesi secara mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut tema ini juga membekali mahasiswa dengan kemampuan umum yang diperlukan untuk menjadi seorang pembelajar dewasa.  Topik-topik yang akan dibahas dalam tema ini diantaranya adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Latin, Filsafat Ilmu, Ketrampilan Belajar, Berpikir Kritis, Komunikasi, Manajemen Informasi, Manajemen Waktu, Etika dan Hukum Kedokteran, serta Profesionalisme. Kelima  tema ini menjadi dasar penyusunan materi pembelajaran pada masing-masing blok dan stase klinik.

PIMPINAN FAKULTAS KEDOKTERAN

1. Dekan                                                : Prof. Dr. dr. Mulyanto
2. Pembantu Dekan I                          : dr. Doddy Ario Kumboyo, SpOG(K)
3. Pembantu Dekan II                         : dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT., M.Kes.
4. Pembantu Dekan III                        : dr. Ida Ayu Eka Widiastuti, M.Fis.
5. Kepala Tata Usaha                        : Drs. H. Muh. Sapri

Comments are closed.