Fakultas Peternakan

Sekilas Sejarah Berdirinya Fakultas Peternakan Unram

fpt1Fakultas Peternakan didirikan dengan SK Pendirian Institusi: No. 139/1962 tanggal 3 November 1962 dengan Surat Keputusan Presidium Unram Nomor SP/134/I.C/1967 tanggal 14 Nopember 1967. Nama Fakultas ini sedikit mengalami perubahan, yaitu dari Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan menjadi Fakultas Peternakan.

 

fpt3KompetensiUsaha Fakultas Peternakan untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan pengguna adalah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas kerja praktek, soft skill, pemanfaatan umpan balik dari alumni dan peningkatan kemampuan bahasa Inggris. Selain itu juga didukung oleh kegiatan-kegiatan yang mendorong kreativitas, memberikan pengetahuan bagi lulusan serta menumbuhkan jiwa kemandirian. Dengan tumbuhnya jiwa kemandirian ilmiah, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan inisiatif, kreativitas dan daya kritis dalam proses pengajaran dan melakukan penelitian sehingga dihasilkan lulusan S1 Peternakan yang berkualitas dan profesional, mampu mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, serta memiliki kapasitas akademik untuk memberikan pemecahan atas berbagai masalah peternakan.

fpt2Kerjasama. Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain dan instansi baik dalam dan luar negeri. Kerjasama dalam PBM misalnya melalui pertukaran dosen untuk memberikan kuliah. Kerjasama tersebut dilakukan dengan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Para dosen Fakultas Peternakan, UGM dan Fakultas Peternakan UNRAM bisa saling tukar memberi kuliah. Bekerjasma dengan Pemda Kalimantan Tengah, tentang budidaya dan inseminasi buatan pada rusa, yang prakarsai oleh Prof. Drh. Adji S. Dradjat, M.Phil, Ph.D dan koleganya. Bekerjasama dengan Instansi terutama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan kontes kelompok tani ternak se NTB, monitoring dan evaluasi kinerja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, dan semua Dinas Peternakan di kabupaten dan kota se NTB. Para dosen dikoordinir oleh Fakultas, bekerjasama dengan masyarakat melalui Program Bina Desa. Berkerjasama membantu menyusun program dan rencana pengembangan dan pelatihan budidaya sapi di daerah transimigrasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Kerjasama dengan institusi luar negeri misalnya dengan JICA, ACIAR, ANTARA-USAID dalam bidang riset sehingga Program Studi bisa memperoleh manfaat dari kerjasama tersebut.

Mahasiswa baru adalah mereka yang baru pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Mataram melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SPMB, SMUD, Test Mandiri, dan Pindahan) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mahasiswa lama adalah mahasiswa yang masih mempunyai hak sebagai mahasiswa Unram. Mahasiswa asing adalah WNA yang mendaftar sebagai mahasiswa Unram, yang telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan baik oleh Pemerintah Republik Indonesia maupun Universitas Mataram.

Daya tampung Program Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Mataram pada tahun 2011/2012 khusus mahasiswa baru sebanyak 387 orang yang terdiri dari jalur SNMPTN undangan sejumlah 16 orang, SNMPTN tulis 168 orang, SMUD sebanyak 48 orang, test mandiri 155 orang, peminat seluruhnya berjumlah 890 orang, lulus test 374 orang, dari 374 orang yang dinyatakan lulus test namun hanya 309 orang yang mendaftar ulang. Total mahasiswa terdaftar dari semua angkatan pada tahun akademik 2011/2012 ini sejumlah 896 orang. Mahasiswa yang menempuh pendidikan melalui program studi ini akan menerima pelayanan berupa bimbingan dan konseling, minat dan bakat (ekstra kurikuler), pembinaan soft skills, beasiswa, dan kesehatan.

Penelitian. Terdapat banyak penelitian yang telah dilakukan tenaga Fakultas PeternakanUnram, diantaranya: (1) Survey on Current Condition of Pilot Farmers Group for Beef Cattle Development  in NTB; (2) The Beef Cattle Development Project Utilizing Local Resources in the Eastern Port of Indonesia.

 

Comments are closed.