Pascasarjana

Sekilas Sejarah Program Pascasarjana Universitas Mataram

pasca1Embrio berdirinya Program Pascasarjana Universitas Mataram diawali dengan diijinkannya membuka Program Studi Magister Manajemen di bawah struktur organisasi Fakultas Ekonomii Universitas Mataram oleh Ditjen Dikti pada tahun 1999 dengan SK Dirjen Dikti Nomor : 153/DIKTI/Kep/1999 tanggal 13 April 1999, tahun 2003 dibuka Program Studi Magister Ilmu Hukum di bawah Struktur Organisasi Fakultas Hukum  dengan SK Dirjen DIKTI Nomor: : 1877/D/T/2003 tanggal 13 Agustus 2003, tahun 2004 dibuka dua program studi yakni Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering di bawah struktur organisasi Fakultas Pertanian Unram dengan SK Dirjen DIKTI Nomor : 3066/D/T/2004 tanggal 9 Agustus 2004 dan Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan di bawah struktur organisasi Fakultas Peternakan dengan SK Dirjen DIKTI  Nomor: 3798/D/T/2004 tanggal 21 September 2004. Untuk pengelolaan yang lebih efektif, efisien dan produktif; maka pada tanggal 8 September 2005 dengan SK Rektor Unram nomor : 8251/J18.H/HK.01.11/2005 keempat program studi magister tersebut dikelola secara integrasi di bawah struktur organisasi program Pascasarjana Universitas Mataram. Rentang periode 2005–2009 Dirjen Dikti telah memberi ijin pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Sains (2007), Magister Akuntansi (2009), Magister Ilmu Ekonomi (2009) dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (2009).

Pada tahun 2011 keluar ijin operasional Program Studi Magister Teknik Sipil ; dan tanggal 24 April 2012 keluar ijin operasional Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris dengan SK Mendikbud Nomor 138/E/O/2012. Saat ini Program Pascasarjana Universitas Mataram mengelola 26 konsentrasi/Minat Studi pada sepuluh program studi magister tersebut.

pasca2Pengelolaan integrasi penyelenggaraan pendidikan pascasarjana Universitas Mataram berpedoman pada semua aturan pendidikan tinggi yang diberlakukan oleh Dirjen Dikti, aturan Universitas Mataram, dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Program Pascasarjana Universitas Mataram yang ditetapkan dengan SK Rektor Nomor : 9409/H18/HK//2007 tanggal 24 Juli 2007.

Di awal berdirinya Program Pascasarjana, telah diangkat Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M. Agr.,Ph.D. sebagai Direktur dan DR. Anang Husni, SH., MH. sebagai Wakil Direktur. Memasuki pertengahan tahun 2008 jabatan Wakil Direktur diganti oleh Hirsanuddin, SH., MH. Setelah 4 (empat) tahun penyelenggaraan pendidikan terintegrasi pada Program Pascasarjana Universitas Mataram telah mewisuda sebanyak 1393 Magister. Perkembangan mahasiswa di program studi Program Pascasarjana Universitas Mataram terus meningkat, hal ini bukan saja dikarenakan banyaknya dosen Unram yang kembali dari Pendidikan  baik dalam maupun luar negeri dengan kompetensi keilmuan sesuai dengan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar pendidikan Nasional, juga akibat permintaan masyarakat untuk mengikuti pendidikan lajutan pascasarjana juga makin banyak, saat ini tercatat 1166 mahasiswa Program Pascasarjana (program S2) tengah mengikuti pendidikan dalam berbagai keahlian. Mereka datang dari berbagai daerah instansi dan profesi, yang menyatu menjadi suatu masyarakat akademik dalam kampus Universitas Mataram.

Visi:

Visi Program Pascasarjana Unram adalah untuk menjadi Program Pascasarjana terkemuka yang memenuhi standar akademik internasional untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) tingggi, mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat melalui dukungan kerjasama yang dilandasi nilai-nilai Iman dan Taqwa.

Misi:

Misi Program Pascasarjana Unram meliputi:

  1. Mewujutkan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia yang menguasai Iptek dan yang mendukung kemajuan pembangunan lokal, regional, dan nasional.
  2. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung terwujutnya universitas berbasis riset (Research University)

Tujuan dan Sasaran

Adapun tujuan penyelenggaraan Program Pascasrjana di lingkungan Unram :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang baik, lancar, efisien dan unggul.
  2. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menciptakan masyarakat ilmiah di kampus Universitas Mataram.
  3. Mengembangkan budaya riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya universitas berbasis riset;

pasca3Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain, baik di dalam maupun ke luar negeri dalam rangka peningkatan kinerja

Comments are closed.