Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Halal Bihalal dan Pelepasan Calon Jama’ah Haji Keluarga Besar Unram tahun 2019 pada hari pertama masuk kerja di gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Senin (10/6) Pagi. Acara Halal Bihalal dan Pelepasan Calon Jama’ah Haji Keluarga Besar Unram dihadiri oleh seluruh Dosen, dan Pegawai di lingkungan Unram.

Dalam acara tersebut, Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum menyampaikan bahwa sebagai manusia biasa kita tidak pernah luput dari kesalahan, baik yang disebabkan oleh  perbedaan pandangan, sikap, tutur kata, kepentingan, maupun pilihan politik.

Menurutnya perbedaan itu merupakan suatu keniscayaan yang harus di jaga dan di rawat untuk memberikan warna dalam kehidupan.

“Bukankah pelangi itu indah karena perbedaan warna, begitu juga aneka koleksi bunga akan memperindah sebuah taman,” ungkap Prof. Husni saat memberikan sambutan.

“Karena itu mari kita jaga dan rawat perbedaan tersebut dengan memperkuat persaudaraan, persatuan dan kesatuan diantara kita, sehingga sebesar apapun masalah  yang kita hadapi kedepan akan dapat kita pecahkan secara bersama-besama,”lanjutnya.

Prof. Husni berharap agar hikmah puasa ramadhan yang baru saja selesai dijalankan, dapat melahirkan semangat dan energi baru untuk di dedikasikan bagi kemajuan Unram.

Dalam kesempatan itu, Prof. Husni juga menyampaikan ucapan selamat dan Do’a kepada para dosen dan pegawai Unram yang akan menunaikan ibadah haji.

“Kepada Bapak/Ibu calon haji saya menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji semoga diberikan kekuatan dan kesehatan serta dimudahkan dalam melaksanakan rukun dan wajib haji serta menjadi haji yang mabrur,”pungkasnya.

Sementera itu, Dr. TGH. Lalu Ahmad Zaenuri, LC., MA. saat menyampaikan uraian hikmah halal bihalal mengatakan bahwa tradisi halal bihalal yang hanya ada di Indonesia telah sesuai dengan yang diajarkan dalam Al-Quran.

“Dosa kita kepada Allah akan terhapus dengan melaksanakan ibadah seperti solat, puasa, zakat, haji. Sedangkan dosa terhadap sesama manusia harus dilakukan dengan saling memaafkan satu dengan lainnya. Oleh karena itu, tradisi halal bihalal ini menjadi penting untuk dilakukan dan dilestarikan,” jelasnya

Acara Halal Bihalal dan Pelepasan Calon Jama’ah Haji Keluarga Besar Unram yang digelar meriah ini ditutup dengan acara salam-salaman.