Mataram, Universitas Mataram – Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Lomba Rancang Bendungan Nasional (LRBN) Tahun 2019 dengan mengangkat tema “Bendungan yang Inovatif, Implementatif dan Tahan Terhadap Gempa” yang dibuka di Auditorium M. Yusuf Abubakar (MYA) Unram, Rabu (23/10).

LRBN digelar sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian acara CIVIL ZONE 2019 untuk menyambut HUT Teknik Sipil ke-26 tahun yang dimulai sejak bulan September lalu dan acara LRBN ini sendiri dimulai pada tanggal 22 Oktober kemarin dan dijadwalkan hingga 24 Oktober 2019.

Terdapat sembilan finalis yang berhasil lolos dalam tahap seleksi ajang bergengsi ini. Kesembilan finalis rancang bendungan antara lain DEWARUCI-64 dari Universitas Brawijaya, RND’16 dari Universitas Mataram, TIRTA GANGGA dari Institut Teknologi Sepuluh November, TRIFENA dari Universitas Mataram, MIKARA dari Universitas Bung Hatta, BICILY dari Universitas Teknologi Sumbawa, TRAPESIODINAL dari Universitas Gajah Mada, GAJAH KRAKATAU dari Universitas Bandar Lampung dan FONTANA-64 dari Universitas Brawijaya. Kesembilan finalis tersebut akan memperebutkan hadiah senilai Rp.25.000.000 !

Kepala bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Ahlul Wakti, ST., MT dalam sambutannya memaparkan bahwa Sumber Daya Air baik dalam skala nasional maupun provinsi harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Dia juga mengatakan bahwa Provinsi NTB merupakan Provinsi dengan jumlah bendungan terbanyak di Indonesia. Tercatat ada 14 Bendungan yang tersebar di 10 Kabupaten Kota se-NTB.

“Provinsi NTB yang juga menyandang gelar sebagai lumbung pangan nasional tentu perlu didukung oleh menajemen sumber daya air yang handal, terpadu dan terintegrasi” papar Ahlul.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha (TU) Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi NTB Lalu Erwin Rosdianto, S.T., M.T menjelaskan bahwa untuk menunjang program kerja pemerintah, telah dibangun 5 bendungan baru di NTB selama dua tahun terakhir ini untuk memenuhi pasokan air di sektor pertanian sehingga bisa meningkatkan produktivitas lahan.

“Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Barat mendukung dan berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi Pemerintah daerah dan masyarakat” tutur Erwin.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Mahasiswa dan Alumni Prof. Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum mengapresiasi kegiatan lomba yang diprakarsai oleh himpunan mahasiswa kampus ungu tersebut.

“Aktivitas kemahasiswaan itu juga menjadi salah satu unsur yang dinilai dalam pemeringkatan perguruan tinggi, sehingga saya bangga mahasiswa sipil menggelar kegiatan ini dan berkompetisi dalam kegiatan ini” paparnya.

Prof. Natsir juga berpesan agar seluruh finalis tetap menjunjung kekompakan, kedisiplinan dan sportifitas selama berkompetisi.