KERJASAMA

POKOK-POKOK PIKIRAN DALAM PENGEMBANGAN BIDANG KERJASAMA UNIVERSITAS MATARAM

 

 Prof. Ir. Suwardji, M.App.Sc., Ph.D
(PR.IV BidangKerjasama,Perencanaan dan Sistem Informasi)

PR-IVUntuk mencapai visi Unram, menjadi Universitas Berkelas Dunia (2025) yang berbasis pada riset, menjadi Universitas Berkelas Asia (2020) yang berbasis pada riset dan menjadi Universitas Berkelas Nasional Dengan Pelayanan Standar Prima (2015), upaya pengembangan yang terarah dan terprogram perlu dilakukan secara sungguh sungguh untuk mencapai tahapan-tahapan tangga pencapaian visi dan misi Unram yang telah disepakati dalam Deklarasi Senggigi akhir tahun 2011.
Visi Unram Bidang Kerjasama adalah untuk menjadikan Unram sebagai lembaga pendidikan tinggi yang aktif dalam menjalin kerjasama institutional baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk menuju visi dan misi Unram yang telah disebutkan di atas.
Selanjutnya dalam menyongsong Pola Pengelolaan Keuangan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) Penuh 2012, Universitas Mataram (Unram) harus terus berbenah diri pada berbagai aspek tatakelola kelembagaan dengan tetap mempertimbangkan bahwa pengembangan Universitas Mataram tidak bisa terlepas dari kebijakan Pemerintah Pusat (NKRI), dalam hal ini adalaah kebijakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Yang pada saat ini sebagian besar anggaran yang dibutuhkan oleh Universitas Mataram berasal dari dana pemerintah. Sebagian kecil saja dana berasal dari masyarakat. Pemerintah pusat dengan kebijakannya yang telah baku dalam menarik dana masyarakat khususnya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) mahasiswa terus akan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pendidikan yang ada.

Kebijakan Pengembangan Kerjasama

Beberapa kebijakan pengembangan kerjasama dan perluasan jejaring (networking) Universitas Mataram diarahkan dalam rangka mempercepat proses pengembangan Unram ke depan. Dalam kaitan ini, beberapa program yang telah dan akan dilakukan adalah sebagai berikut:

(1) Mengembangkan tatakelola kerjasama terstandar termasuk penerapan panduan kerjasama Universitas Mataram.

(2) Telah mendirikan Kantor Urusan Internasional (International Office Affair/OIA) suatu lembaga yang khusus menangani urusan kerjasama internasional secara professional. Kinerja IOA terus didorong agar menghasilkan jejaring kerjasama internasional yang mampu meningkatkan kegiatan Tri Dharma

(3) Mempertahankan dan memelihara berbagai program kerjasama yang telah berjalan dengan baik, dan melakukan berbagai upaya untuk memulai berbagai program kerjasama yang selama ini belum berjalan sementara MoU nya sudah ada dan masih berlaku.

(4) Mengembangkan pusat-pusat unggulan (Center Excellent) berbasis keunggulan komparatif dan keunggulan kopetitif. Beberapa pusat unggulan pendidikan dan riset internasional sedang dirintis dan satu pusat unggulan riset internasional sudah berdiri merupakan hasil kolaborasi internasional dengan beberapa Perguruan Tinggi baik di Indonesia maupun dari luar negeri. Selain itu dengan kebijakan pemerintah pusat yang mendorong munculnya pusat-pusat ungggulan nasional, Unram terus mendorong pusat-pusat penelitian agar meningkatkan kinerjanya dan kapasitasnya agar mampu bersaing dan menjadi pusat unggulan nasional seperti pusat-pusat unggulan yang relevan dengan pengembangan NTB sebagai koridor 5 dalam Master Plan Percepatan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

(5) Mengintensifkan berbagai publikasi tentang Unram utamanya pengembangan pusat unggulan, SDM, program riset dan pemberdayaan masyarakat, melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga potensi kemampuan Unram dalam menyelenggarakan kerjasama dapat diketahui oleh masyarakat secara baik,

(6) Mendorong munculnya penerbitan dalam bidang-bidang-bidang unggulan spesifik baik yang sifatnya Publikasi Ilmiah, maupun publikasi yang sifatnya non ilmiah, termasuk koran, jurnal, ataupun buletin: baik pada tingkat universitas maupun yang diterbitkan oleh unit-unit.

(7) Memfasilitasi penyelengaraan seminar- seminar, symposium, ataupun workshop yang sifatnya nasional dan internasional dalam rangka memperbanyak hubungan dengan dunia luar; sekaligus meningkatkan wawasan para staf akademik dan administrasi.

(8) Memfasilitasi staf yang berminat untuk mendapatkan sertifikasi dalam bidang- bidang tertentu yang sangat penting dalam rekrutmen tenaga konsultan pada berbagai bidang yang relevan dengan program pembangunan.

(9) Menumbuhkembangkan berbagai labolatorium unggulan yang ada untuk menjadi labolatorium yang terakreditasi dan diakui oleh komunitas nasional dan internasional. Hal ini sangat penting dalam rangka kita menjalin kerjasama dengan perusahaan ataupun instansi yang memerlukan penelitian pada labolatorium yang terakreditasi, seperti perusahan- perusahan nasional dan internasional seperti perusahaan tambang, dan perusahaan produk makanan

(10) Berperan aktif dalam berbagai organisasi profesi maupun organisasi jaringan universitas di tingkat nasional dan internasional. Pada saat ini banyak sekali organisasi dengan jaringan Perguruan Tinggi di tingkat kawasan dan internasional yang memungkinkan setiap PT untuk menginisasi berbagai program kerjasama, seperti pertukaran mahasiswa,pertukaran staf pengajar, credit earnings, collaborative research, curriculum development, dan sebagainya.

Comments are closed.