Mataram, Universitas Mataram – Ujian Tes Masuk Universitas Mataram (Unram ) jalur mandiri yang dilakukan pada 17/07/2019 diikuti oleh 6.209 peserta. Tercatat sebanyak 2.319 memilih program studi Saintek dan 3.689 peserta memilih program studi Soshum untuk Strata 1 (S1) sehingga total jumlah peserta untuk S1 adalah 6.008. seperti yang telah diketahui sebelumnya, hanya 30 persen kuota yang tersedia melalui tes jalur mandiri ini. Artinya, persaingan untuk lulus dapat dikatakan sangat ketat.

Sementara itu, jumlah peserta yang memilih program Vokasi KLU yaitu sebanyak 135 orang dan Vokasi Bima sebanyak 31 peserta. Sedangkan, konsentrasi kebandarudaraan di bawah Diploma III Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang merupakan kerja sama Unram dan PT. Angkasapura I bebrapa waktu yang lalu diikuti oleh 35 peserta.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Unram Drs. Ruspan, M.Ak. mengatakan bahwa pelaksanaan tes mandiri kali ini masih menggunakan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sedangkan khusus untuk peserta yang mendaftar konsentrasi kebandaraan di PT. Angkasapura I menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA berpesan kepada para peserta agar tertib selama proses ujian berlangsung dan tidak melakukan kecurangan.

“kami berharap para peserta bisa tertib dan tidak melakukan kecurangan” ungkapnya.

Tes jalur mandiri kali ini dilakukan di 14 sektor. Ada 5 sektor untuk Saintek dan 9 sektor untuk Soshum. Sektor tersebut kemudian dibagi menjadi 42 lokasi yang peruntukannya adalah 17 lokasi untuk Saintek dan 25 lokasi untuk Soshum. Jalur tes yang biasanya dilakukan setelah tes SNMPTN dan SBMPTN selesai ini, dilakukan di 134 ruangan. Dari total ruangan tersebut, semuanya tersebar di berbagai fakultas. Tes saintek dilakukan di MIPA,  Fakultas Pertanian, Peternakan dan UPT Perpus, Kehutanan, dan Fak. Kedokteran. Sementara itu, Soshum tersebar di ruangan yang berada di Fakultas Teknik, Hukum, Ekonomi, Fatepa, Fisipol, Farmasi, dan Gedung Kuliah Bersama. (TW)