Mataram, Universitas Mataram – Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas  Mataram yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa menulis buku berjudul Kearifan Lokal Besiru dalam Daya Juang Masyarakat Pasca Gempa.

Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa yang diketuai Siti Ilhami Fatmahandayani dan dua anggotanya Nurul Haromain dan Peri Anggraeni terinspirasi dari fenomena sosial unik yang terjadi ditengah bencana gempa bumi Lombok Pada agustus 2018 lalu.

Peri Anggraeni mengungkapkan isi buku yang mereka tulis menceritakan kisah salah satu korban gempa bumi Lombok yakni masyarakat di Desa Sembalun Bumbung menjual hasil bumi yang mereka miliki yang kemudian  disumbangkan pada masyarakat terdampak gempa bagi masyarakat di Kabupaten Lombok Timur,  Kabupaten Lombok Utara dan korban tsunami di Palu Donggala.

“Mereka juga melakukan hal yang sama untuk membangun kembali masjid yang hancur akibat gempa bumi yang berada di Desa Sembalun Bumbung. Padahal,  disatu sisi masyarakat di Desa Sembalun Bumbung juga menjadi korban bencana yang kehilangan harta benda, bangunan rumah yang rusak, dan dari segi psikologis masih belum sembuh,”tutur mahasiswi Prodi Sosiologi ini.

Ia juga mengungkapkan tujuan diterbitkannya buku Kearifan Lokal Besiru dalam Daya Juang Masyarakat Pasca Gempa.

“Tujuan dari diterbitkan buku ini untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat lain agar bangkit dari ujian yang diterima melalui penguatan solidaritas sosial dan bertujuan untuk  memberikan referensi kepada pemerintah dalam mengambil keputusan di tengah Bencana alam yang terjadi saat ini,”pungkasnya.

Ketiga Mahasiswi kreatif yang juga lolos mewakili Unram diajang PIMNAS Ke-32 di Universitas Udayana ini telah menyerahkan buku yang mereka tulis kepada Rektor Unram dan Ketua Program Studi Sosiologi.

Rektor Unram, Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H.,M.Hum memberikan apresiasi yang baik terhadap buku tersebut. Ia berharap semoga buku tersebut dapat dijadikan referensi dan memberikan inspirasi pada semua pembaca.

“Semoga buku ini dapat dijadikan referensi dan memberikan inspirasi pada semua pembaca. untuk mempererat dan mempertahankan kearifan lokal Besiru yang ada ditengah kemajuan zaman serta dapat menginspirasi mahasiswa yang lain untuk menerbitkan buku-buku yang lain yang dapat menambah wawasan dan keilmuan,” katanya saat menerima perwakilan mahasiswa diruang kerja Rektor.