PENGALAMAN ALUMNI UNRAM MEMPEROLEH BEASISWA USAID PRESTASI BELAJAR DI USA

usaid1Menjadi salah satu penerima beasiswa ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga, tidak hanya dalam hal akademi, tetapi juga untuk pengembangan kemampuan
berorganisasi dan bersosialisasi dengan masyarakat yang memiliki latar belakang pendidikan dan budaya yang berbeda.
Seperti kita ketahui bersama, Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu kiblat pendidikan sehingga banyak mahasiswa dari berbagai belahan dunia datang ke Negeri Paman Sam ini untuk belajar. Oleh karena itu, melanjutkan studi untuk program master di negara ini bagaikan mimpi bagi saya. Tidak mudah memang. Namun, dengan motivasi yang tinggi dan usaha yang gigih selama menjalani berbagai tahapan selama proses seleksi, akhirnya mimpi ini menjadi kenyataan.
usaid2Perasaan takut awalnya sempat berkecamuk membayangkan sulitnya menjalani kuliah di Oregon State University, salah satu universitas di AS yang terkenal dengan program kelautannya ini.
Terbayang perkuliahan dengan bahasa pengantar dan sistem perkuliahan yang berbeda dari yang pernah saya jalani sebelumnya di Universitas Mataram. Namun, satu hal saya percayai bahwa tidak ada kata tidak bisa selama kita punya kemauan dan usaha. Disamping itu, dukungan dan toleransi yang luar biasa dari para dosen dan teman-teman kuliah yang hampir seluruhnya merupakan warga negara AS membuat saya menikmati perkuliahan. Saya merasa semakin beruntung karena materi perkuliahan dan fasilitas yang diberikan oleh kampus sangat memuaskan, serta adanya kesempatan untuk
berpartisipasi dalam berbagai konferensi salah satunya dalam Recirculating Aquaculture
International Conference yang dilaksanakan di Roanoke, VA.
Pengalaman organisasi saya pun bertambah dengan terlibat dalam persatuan mahasiswa
internasional (ISOSU) yang merupakan salah satu organisasi terbesar di Oregon State University, dan menjadi sekretaris Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS). Kesempatan bersosialisasi dengan penduduk setempat baik warna negara AS maupun dari berbagai negara lainnya juga sangat besar dengan adanya cultural events seperti Asian Celebration, International Fair, Spring Festival, Free Lunch, Cultural Nights, dan lain-lain.
Merupakan kepuasan tersendiri bagi saya dapat membagi sedikit pengalaman ini dengan teman-teman di UNRAM dan besar harapan saya teman-teman juga bisa mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri. Saat ini begitu banyak tawaran beasiswa ke luar negeri, tinggal bagaimana niat, motivasi, dan kerja keras kita untuk berusaha mengejar kesempatan tersebut. Melihat dunia luar tidak hanya membuat wawasan kita bertambah luas, tetapi juga merubah pola pikir kita untuk lebih objektif dan holistic. Trust me, there is a will, there is a way. (Hilda)

Comments are closed.