Seminar Nasional OPTIMALISASI IPTEKS UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN

UNRAMWARNASeminar Nasional Pariwisata (Semnasta) yang bertema, OPTIMALISASI IPTEK UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA YANG  BERKELANJUTAN merupakan rangkaian kegiatan dari PIMNAS-26 yang diselenggarakan di Universitas Mataram-Nusa Tenggara Barat (NTB).

Daerah NTB yang terdiri dari dua pulau besar yaitu Lombok dan Sumbawa mempunyai keunikan tersendiri baik dari sumberdaya alam, sosiobudaya, maupun ekosistem. Potensi dan Keunikan yang dimiliki inilah NTB merupakan salah satu daerah tujuan wisata strategis dalam segitiga emas  tujuan wisata bergensi di Indonesia (Bali-NTB-Tator,Sulsel). Untuk pengembangan pariwisata, pemerintah NTB  telah mencanangkan  program utama-Visit Lombok-Sumbawa-2012 dan Tambora Menyapa Dunia-2015.

Agar kedua program unggulan ini dapat tersosialisasi, dipahami, dan terjual secara luas dan berdampak pada pengembangan pariwisata di daerah lain maka diperlukan interpensi ilmu pengetahuan, teknologi dan Seni (IPTEKS) dalam mengemasnya menjadi sesuatu yang mempunyai nilai estetika dan ekonomi yang andal.

Seminar nasional ini diselenggarakan utamanya untuk menjaring pemikiran dan konsep strategis serta model aplikatif pariwisata yang berkesinambungan yang didukung oleh kemajuan  teknologi informatika dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia yang sakil dan mangkus yang  berorientasi pada keseimbangan dan kesinambungan sumberdaya alam,  antropobudaya, dan ekosistem global.

Info lebih lengkap bisa dilihat pada brosur berikut ini

Comments are closed.