Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) dan PT. Werdhi Rahayu Nusantara bekerjasama membangun Taman Edukasi dan Rekreasi. Peletakan batu pertama Taman Edukasi dan Rekreasi yang mengusung konsep Unram Farming untuk Pengembangan Kawasan Pertanian sebagai Taman Edukasi dan Rekreasi di gelar di Kecamatan Narmada, Minggu pagi (1/9).

Unram Farming sendiri adalah kawasan yang sudah terbentuk menjadi lokasi penelitian pertanian dari Fakultas Pertanian Unram dengan luas sekitar 4,3 hektar.

“Adapun konsep dari pengembangan Unram Farming adalah pengembangan edukasi pertanian dengan konsep wisata atau rekreasi dengan tagline “Ketika Edukasi Bertemu Rekreasi, Bertani itu Menyenangkan dan Menyehatkan”. Tutur Werdhi pemilik PT. Werdhi Rahayu Nusantara.

“Kawasan ini nantinya akan diisi dengan beberapa infrastruktur pertanian seperti Pertanian Berbasis Lahan, Pertanian Berbasis Hydroponic, Perikanan dan Peternakan, yang dipadukan konsep wisata yang berbasis pada keberadaan infrastruktur pertanian itu sendiri,” Jelas Werdhi saat memberikan sambutan.

Ia juga mengatakan akan melibatkan segenap komponen dari Unram dalam mengembangkan kawasan ini meliputi mahasiswa dan dosen dalam penelitian produk-produk unggulan pertanian yang telah dan sedang dikembangkan.

Werdhi berharap masyarakat kota mataram dan sekitarnya akan tertarik dengan konsep yang ditawarkan dan dapat bertukar pengalaman mengembangkan sektor pertanian sebagai tulang punggung ketahanan pangan nasional jangka panjang.

Sementara itu, Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum menyambut baik program ini untuk mengoptimalkan pemasukan Unram.
“Sumber pemasukan akan sangat terbatas sekali jika hanya mengandalkan UKT. Terlebih tuntutan Unram yang merupakan universitas BLU menghendaki agar Unram bisa mengoptimalkan semua aset-aset yang dimiliki dalam bentuk kerjasama,”jelasProf. Husni dalam sambutannya.

“PT. Werdhi Rahayu Nusantara akan mengembangkan konsep ini dengan sangat bagus sekali tetap fungsi edukasinya dipadukan dengan wisata. Tentu ini akan menjadi model yang menarik bagi masyarakat di kota Mataram maupun di Lombok Barat” tandasnya.

Selain itu, Prof. Husni mengatakan bahwa pemanfaatan aset lahan milik Unram tersebut akan berdampak pada tiga aspek yaitu sosial budaya, ekonomi dan lingkungan alam.

Ia berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat untuk pemberdayaan yang melibatkan komponen kampus dengan memanfaatkan aset yang dimiliki sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas. Fungsi edukasi dengan memberikan praktek lapangan serta keterampilan enterpreneurship bagi segenap komponen kampus maupun masyarakat luas, serta untuk kesejahteraan yang berdampak pada peningkatan nilai dari aset kampus dalam menunjang kegiatan operasional kampus.