Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) bekerja sama dengan Indosat siap mencetak talenta digital sebagai developer aplikasi andal lewat program beasiswa training dan sertifikasi online dari Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp). Program kerja sama ini diwujudkan dengan menggelar Talkshow IDCamp di ruang Sidang Senat lantai 3 Rektorat Unram, Selasa (10/9).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor bidang Akademik Agusdin, SE., MBA, DBA, Andrianus Yoza dari Dicoding Indonesia dan dari pihak Indosat hadir Fuli Humaeroh selaku SVP Head of Regional Account Indosat serta Suzanna Permata selaku VP Head of Sales Indosat untuk Bali Nusra.

IDCamp merupakan program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing didunia ekonomi digital dengan memberikan total 10.000 beasiswa belajar coding untuk 3 kategori kelas pemrograman yakni Android Developer Expert, Kotlin Android Developer dan Progressive Web Apps Developer.

“Digital World itu memiliki peluang untuk menciptakan lapangan kerja yang luar biasa karena itu adik-adik perlu memiliki kompetensi dan skill tertentu yang relevan dengan dunia digital untuk meraih peluang-peluang itu” jelas Agusdin dalam sambutannya.

“Dari segi pembelajaran kami juga di Unram sudah mulai menerapkan proses pembelajaran yang sejalan dengan dunia digital yakni melalui e-learning” tambah Agusdin.

Fuli Humaeroh menjelaskan bahwa Indosat sendiri telah melakukan roadshow ke beberapa kota-kota besar di tanah air untuk mensosialisasikan program IDCamp.

“Pelajari terus bagaimana pertumbuhan bisnis saat ini dan yakinkan diri kita bahwa kemampuan kita relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini, sambil kita terus bergerak menuju kearah sana” tutur Fuli Humaeroh dalam sesi tanya jawab.

Adapun untuk modul pelatihan online dari IDCamp dikembangkan oleh Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan memanfaatkan use case yang sering ditemui dalam dunia industri khususnya telekomunikasi dan dipadukan dengan metode mentoring secara online.

Selain itu program IDCamp juga telah menyediakan fasilitator dan forum diskusi online bekerjasama dengan Dicoding Indonesia sebagai sarana untuk membantu peserta menyelesaikan modul belajar secara online sesuai jadwal.

Pendaftaran beasiswa IDCamp dibuka sejak 2 Agustus 2019 hingga 27 September 2019 dengan megisi formulir pendaftaran yang ada pada laman resmi IDCamp.

Di akhir program, Indosat Ooredoo dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp untuk mendapatkan akses pekerjaan.