Mataram, Universitas Mataram – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Universitas Mataram (Unram) menggelar Upacara di lapangan Rektorat Unram, Senin (28/10).

Upacara Hari Sumpah Pemuda diikuti oleh Civitas Akademika Unram terdiri dari dosen, mahasiswa dan seluruh tenaga kependidikan dilingkungan Unram. Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Unram Dr. Kurniawan, SH., M.Hum selaku Pembina membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia denga tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema tersebut diangkat untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda dahulu bahwa hanya dengan persatuan dapat diwujudkan cita-cita bangsa.

Dalam sambutan tersebut Menpora juga menjelaskan bahwa tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Menpora memaparkan bahwa canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas Negara, lintas budaya, lintas agama dan interaksi di sosial media berjalan real time 24 jam. Disinilah diharapkan peran pemuda Indonesia dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif.

Menpora mengatakan bahwa pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia.