Mataram, Universitas Mataram – UPT. Perpustakaan Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk Transfortasi Digital Library Menjawab Tantangan dan Kebutuhan Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 di gedung Dome Unram, Kamis (25/7).

Seminar nasional digital library menghadirkan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Dr. Ir. H. Manggaukang Raba, MM., Prof. Ir. Suhubdy, Ph.D. Guru Besar Unram, Ismail Fahmi, Ph.D Pakar IT Nasional, Inisiator Indonesia One Search dan Pencipta Drone Emprit, Dr. Lalu Edy Herman Mulyono, SE., MM. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kapala UPT. Perpustakaan Muslimin, S.Sos., MM. selaku ketua penitia seminar nasional saat menyampaikan laporan mengatakan bahwa yang menjadi target teknologi informasi saat ini adalah generasi milenial.

“kita pahami bahwa kondisi perpustakaan baik di NTB maupun di Indonesia secara umum masih merupakan perpustakaan tradisional, ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita ketika kita ingin masuk ke dunia digital. Harapannya dari seminar ini kita dapat memperoleh masukan mengenai bagaimana konsep pengembangan perpustakaan digital di masa yang akan datang”. tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA yang mewakili Rektor memberikan sambutan mengatakan bahwa perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan kita saat ini, seperti artificial intelligence, internet of things, dan big data dibandingkan 20 tahun yang lalu.

Agusdin berharap perpustakaan yang dapat membuat rencana strategis kedepan untuk mengurangi menejemen perpustakaan yang masih tradisional saat ini.

“oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi baik di bidang pelayanan maupun koleksi buku dalam arti tidak hanya dalam bentuk fisik tapi juga dalam bentuk digital.”paparnya.