12.114 Siswa Ikuti Tes di Unram

Categories: Seputar Kampus411 words1.6 min read

Mataram, Universitas Mataram – Sejumlah hal penting wajib dicermati peserta UTBK-SBMPTN yang akan dimulai secara serentak, Senin (12/4) agar tidak terkendala saat mengikuti ujian. Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA, saat menyampaikan pengarahan persiapan UTBK-SBMPTN Kamis (9/4), menekankan agar peserta membawa dokumen yang menjadi persyaratan ujian, seperti Kartu Tanda Peserta dan Identitas lain seperti KTP/SIM, fotokopi ijazah yang dilegalisasi (bagi lulusan 2019 dan 2020) atau Surat Keterangan Lulus asli (bagi lulusan 2021) atau surat keterangan yang menyatakan sebagai siswa Kelas XII yang ditanda tangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru, serta dibubuhi cap sekolah.

Selanjutnya terkait tata tertib, menurut LTMPT peserta wajib mematuhi aturan yang berlaku seperti tidak mengenakan kaos oblong, bersepatu dan tiba di lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan dengan alas an apapun sejak waktu tes dimulai tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

Peserta juga tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, catatan lain, terlebih lagi alat komunikasi seperti telepon seluler, jam tangan ataupun smart watch, kamera, modem dan segala jenis alat elektronik untuk mereka dan sebagainya. Mencegah terjadinya kecurangan, panitia berhak melakukan penggeledahan jika dianggap ada hal yang mencurigakan.

“Pastikan kelengkapan dokumen yang harus dibawa saat ke lokasi tes, itu yang paling penting. Jaga kesehatan dan hindari kerumunan saat antri sebelum masuk ruangan. Semoga tidak ada peserta yang di tolak karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan dan semoga UTBK kali ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Agusdin.

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sekaligus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di gelar LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dengan 2 gelombang. Ujian UTBK gelombang I akan dilaksanakan 12 – 18 April 2021 sedangkan gelombang II akan dilaksanakan pada 26 April – 2 Mei 2021 mendatang.

Universitas Mataram (Unram) sebagai salah satu pusat UTBK-SBMPTN, akan diikuti oleh 12.114 orang peserta yang memilih Unram sebagai lokasi ujian. Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum merincikan bahwa pusat UTBK-SBMPTN Unram akan dilaksanakan di Mataram dan Sumbawa.

“Terdapat 12.114 orang peserta pendaftar UTBK-SBMPTN yang ujian di Unram, 11.058 orang akan mengikuti ujian di Kampus Unram (Mataram) dan 1.056 orang akan mengikuti ujian di Sumbawa yaitu SMKN 1 Sumbawa dan SMAN 3 Sumbawa,” jelas Prof. Husni.

Baca Juga : Unram Gelar Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan Jalur Mandiri 2021

Lokasi ujian di Unram terbagi menjadi 6 lokasi, yaitu: UPT Pustik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Auditorium M. Yusuf Abubakar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Teknik.

Lebih jauh, Agusdin mengingatkan agar peserta selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, tidak berkerumun,  menjaga jarak, dan segera pulang setelah selesai ujian.

AUTHOR

Maiden

TANGGAL

April 12, 2021

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya