Mataram, Universitas Mataram – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi di Universitas Mataram diikuti oleh 15.706 peserta dan akan dilaksanakan dalam 2 gelombang.

Gelombang pertama di ikuti oleh 9.007 peserta dan akan dilaksanakan selama 8 sesi. Sesi 1 sampai dengan sesi 4 dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 13-14 April 2019. Sedangkan sesi 5 sampai dengan sesi 8 dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 27-28 April 2019. Adapun untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 11, 12 dan 18 Mei 2019 dan di ikuti oleh 6.699 peserta.

Pelaksanaan UTBK Unram dilaksanakan di beberapa lokasi seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FKIP,dan Pustik. Selain di Unram, lokasi UTBK juga tersebar di beberapa sekolah antara lain SMAN 1 Mataram, SMAN 3 Mataram, SMKN 1 Mataram, SMKN 2 Mataram, SMKN 3 Mataram, SMAN 1 Sumbawa Besar, SMKN 1 Sumbawa Besar, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sumbawa Besar.

Pada pelaksanaan UTBK kali ini soal yang diujikan sedikit berbeda. Jika sebelumnya menggunakan soal Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Kemampuan Dasar (TKD), pada UTBK ini menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS merupakan tes yang biasa digunakan menguji calon mahasiswa yang akan melanjutkan perkuliahan ke perguruan tinggi di Amerika. Namun sebenarnya TPS tidak hanya digunakan di Amerika, tetapi juga di negara maju lainnya seperti Inggris, Singapura, Finlandia, dan Australia.

Selain mempersiapkan diri menghadapi soal yang berbeda dari sebelumnya, peserta juga wajib memperhatikan beberapa hal-hal yang bersifat administratif seperti Kartu Tanda Peserta UTBK 2019 dan dokumen resmi yang diminta, antara lain Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir atau Surat Keterangan Kelas XII Asli dan Kartu Identitas Diri.

Selain itu, peserta juga wajib mempelajari peraturan-peraturan selama pelaksanaan UTBK seperti batas keterlambatan bagi Peserta Ujian adalah 30 menit sejak peserta memasuki ruangan Ujian. Setelah 30 menit, dengan alasan apapun peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Peserta juga dilarang keluar ruangan selama ujian berlangsung termasuk membawa alat-alat elektronik di ruang ujian seperti HP dan Kalkulator.

Wakil Rektor bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA selaku ketua pelaksana UTBK berharap semoga pelaksanaan UTBK yang baru pertama kali dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga pelaksanaan UTBK dapat berjalan dengan lancar. Semua yang terlibat dalam pelaksanaan UTBK ini diharapkan dapat melaksanakan tungasnya dengan baik, bagi peserta dimohon agar dapat mengikuti UTBK dengan tertib,”ungkapnya.

Setelah mengikuti UTBK peserta dihimbau untuk melakukan pendaftaran SBMPTN yang akan dibuka mulai tanggal 10 – 24 Juni 2019. Adapun pengumuman SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2019.