2.974 Maba Ikut PKKMB Jalur SBMPTN

Published On: August 6th, 2022Categories: Berita, MahasiswaBy 1.8 min read

Mataram, Universitas Mataram – Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 2 – 5 Agustus 2022 di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Universitas Mataram (Unram). Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 2.974 orang mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN.

Pembukaan PKKMB jalur SBMPTN berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2022 dan dibuka oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. “Kalian adalah orang yang terpilih bisa masuk di Unram, universitas terbaik di Nusa Tenggara Barat. Kami melihat sendiri bahwa begitu ketat seleksi untuk masuk ke Unram. Tetapi dengan predikat nilai yang tinggi kalian mampu lolos dan berhasil memasuki universitas terbaik ini. Tentunya kalian juga mahasiswa terbaik, sehingga berikutnya kalian harus melakukan yang terbaik,” ucap Rektor Unram.

Prof. Bambang juga menjelaskan kepada para mahasiswa baru bahwa sistem pembelajaran di kampus dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Di mana terdapat persyaratan-persyaratan kelulusan mata kuliah, ada sistem Satuan Kredit Semester (SKS), porsi pembelajaran mandiri, dan penugasan-penugasan yang diberikan oleh dosen.

“Belajar di perguruan tinggi tidak hanya mengharapkan asupan. Kalian bisa belajar mandiri dari sumber manapun. Kalian diminta untuk menjadi aktif di dalam mencari informasi, banyak bacaan-bacaan referensi yang bisa kalian akses di mana saja secara gratis,” jelas Prof. Bambang saat memberikan sambutan sekaligus arahan kepada mahasiswa baru SBMPTN.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu juga berharap agar mahasiswa baru tidak hanya aktif di bidang akademik saja, melainkan turut aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan dan mengasah soft skill mahasiswa. Dan melalui kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi di bidang akademik maupun non-akademik agar menorehkan prestasi bagi kemajuan Unram.

Selain pengarahan oleh Rektor Unram, PKKMB jalur SBMPTN diisi dengan pemberian materi-materi untuk mempersiapkan mahasiswa baru. Hari pertama (2/8) dimulai dengan gladi dan diisi dengan ucapan selamat datang dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) serta pengenalan Ormawa.

Hari kedua (3/8) pada upacara pembukaan PKKMB jalur SBMPTN turut diisi dengan materi tentang Etika dan Moral Kehidupan Kampus, Sistem Perguruan Tinggi dan Kebijakan MBKM, Manajemen Administrasi dan Keuangan di Perguruan Tinggi, Manajemen Kampus Sehat dan Penyalahgunaan Narkoba, Kegiatan Mahasiswa dan Pencapaian IKU Perguruan Tinggi, dan diakhiri dengan sosialisasi-sosialisasi dari UPT. Pustik, UPT. Pusat Bahasa, UPT. Perpustakaan.

PKKMB dilanjutkan pada hari ketiga (4/8) dengan pengarahan terkait Pencegahan Radikalisme, Terorisme, Gerakan Revolusi Mental, dan Etika Penggunaan Media Sosial di Masa Kini; Wawasan Kebangsaan dan Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Bela Negara; Pendekatan General Education dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi; Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual; Pembentukan Karakter dan Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi; serta Sosialisasi Rumah Sakit, JPKMK dan Klinik Unram.

Dan hari terakhir (5/8) turut hadir Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. selaku Komisaris Jenderal Polisi Badan Inteligen Negara (BIN). Selanjutnya diisi dengan materi tentang Pola Pembinaan Mahasiswa Indonesia, Program Kewirausahaan, dan Program Kreativitas Mahasiswa. Adapun pengenalan mahasiswa berprestasi Unram tahun 2022.

Berita Lainnya