Mataram, Universitas Mataram – Kegiatan Akreditasi Rumah Sakit Universitas Mataram (RS Unram) oleh Tim Akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dilaksanakan Senin pagi (29/7) di Aula RS Unram. Tim Akreditasi KARS terdiri dari Dr. Rossma Napitupulu, MARS, Dr. Widyasih Pritasari, Sp.OG (K), dan Muhammad Fatoni, S.Kep., Ners.

Kegiatan Akreditasi yang telah dipersiapkan sejak enam bulan yang lalu telah melalui beberapa tahapan seperti tahap bimbingan, kemudian survey simulasi, dan yang terkahir adalah survei akreditasi.

“untuk akreditasi ini, kami yang telah mempersiapkannya sejak enam bulan yang lalu dan telah melalui beberapa tahapan seperti tahap bimbingan, kemudian survei simulasi, dan yang terakhir adalah survei final untuk mendapatkan penilaian akreditasi. Jadi untuk akreditasi ini terdiri dari enam belas kelompok kerja (Pokja) yang semuanya diketuai oleh dokter spesialis,” ujar dr. Ahmad Taufik S, Sp.OT selaku direktur RS Unram saat menyampaikan sambutan.

Saat ini RS Unram bekerja sama dengan Fakultas Teknik Unram telah menerapkan sistem pendaftaran secara elektronik bahkan masyarakat dapat mengakses pendaftaran secara online. “ke depan kita juga akan menggunakan data rekam medik berbasis elektronik atau paperless, sehingga semua pelayanan pasien di RS Unram tidak perlu membawa dokumen kemana-mana, itu merupakan target kami di tahun depan”, pungkas dr. Taufik.

Lebih jauh dr. Taufik menjelaskan bahwa RS Unram memiliki dua buah gedung dengan enam lantai, dan merupakan Rumah sakit Pendidikan yang dirancang dengan 300 tempat tidur. Sedangkan untuk rawat jalan RS Unram memiliki enam belas klink spesialis dengan dokter spesialis terlengkap di NTB.

Sejak diresmikan pada 16 Maret 2016 terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Untuk mendukung pelayanan yang prima, Rumah Sakit dengan tipe “C” ini menyediakan 117 tenaga medis dan 75 tenaga non medis. Dari 39 Dokter yang dimiliki RS Unram, 30 diantaranya adalah dokter spesialis.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni SH., M.Hum saat memberikan sambutan berharap RS Unram dapat menjadi pusat layanan kesehatan bagi masyarakat disamping kegiatan pendidikan dan penelitian.

“Harapan kami Rumah Sakit ini akan menjadi pusat layanan kesehatan bagi masyarakat disamping kegiatan pendidikan dan penelitian. Insya Allah RS ini akan mendapat tempat di hati masyarakat karena tempatnya yang strategis dan SDM yang memadai, lebih-lebih setelah bekerjasama dengan BPJS”. kata Prof. Husni.