Astra-Unram Komitmen Kembangkan Industri Porang di 11 Desa

Categories: Berita, Kerjasama, Penelitian, Pengabdian260 words1 min read

Mataram-Tiga lembaga yang tergabung dalam kerja sama tripartit yakni, Astra Internasional, Universitas Mataram dan DPW NTB berkomitmen untuk mengoptimalisasi pengembangan industri porang di 11 desa yang berada di Kabupatn Lombok Utara (KLU).

Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Prof Suwardji, belum lama ini memaparkan pengalamannya setelah 4 tahun menekuni budidaya porang dan membina empat kelompok tani di 4 desa binaan (Sambik Elen, Loloan, Senaru dan Batu Rakit Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara yang didanai Program Desa Sejahtera Astra Internasional. Dalam budidaya tanaman porang, benih yang bermutu merupakan kunci sukses budidaya porang. Budidaya yang baik telah dipelajari lebih dari 6 mahasiswa bimbingannya. Sehingga telah ditemukan cara cara budidaya yang efektif dan efisien. Telah ditemukan rekomendasi budidaya porang 1 musim mencapai 2-3 kg.

Pada tahun ketiga ini Astra Internasional menaruh perhatian khusus pada proyeknya di empat desa di Kecamatan Bayan di Lombok Utara, yang dianggap sukses mampu meningkatkan pendapatan petani 250% dan menghasilkan praktek cerdas dalam budidaya porang yang sukses di Indonesia. Astra Internasional sedang mempertimbangkan akan mengembangkan 7 desa tambahan (Sambik Bangkol, Desa Rempek, Desa Rempek Darusalam, Desa Gegelang,  Desa Gangga,SegaraKaton, dan Besa Bentek, Kecamatan Gangga). Scale-up lokasi pengembangan ini diharapkan luasan tanaman porang  dapat mencapai  2500 ha. Ketua Asosiasi Petani Porang (P3N) DPW NTB Puguh Dwi Friawan akan digandeng untuk menjamin pasar porang NTB yang mempunyai MoU dengan Perusahaan Perusahaan Besar Pengolah Porang di Indonesia.

Kemitraan usaha telah dikembangkan di 4 desa binaan dengan pengusaha dan perbankan akan mengucurkan skema pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada petani porang tanpa jaminan dengan nilai nomial Rp 50 juta. Peluang pengembangan tanaman porang sangat prospektif dengan skim pembiayaan KUR dari BNI.

AUTHOR

Ardi

TANGGAL

June 19, 2021

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya