Universitas Mataram menggelar kuliah Umum bertema“Peran Mahasiswa dan Pemuda Dalam Menumbuhkembangkan Paham Pancasila demi Menjaga Keutuhan NKRI”. Kuliah umum ini merupakan rangkaian acara  Silaturahmi BEM Nusantara yang dilaksanakan mulai tanggal 29-31 Oktober 2018  di Gedung Auditorium Abu Bakar Universitas Mataram. Hadir sebagai narasumber adalah ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) H. Bambang Soesatyo, SE. M.B.A dan Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH.

Dalam pemaparannyaBambang Soesatyo menegaskan bahwa mahasiswa dan pemuda harus menjadi menjadi garda terdepan dalam mengawal Pancasila di Era Keterbukaan dan digitalisasi ini. Politisi Golkar itu meminta kalangan anak muda mengkampanyekan Pancasila melului internet dan media.

“Pemantapan Pancasila juga harus dengan cara kreatif dan inovatif sesuai kemajuan masyarakat, tidak boleh kaku, namun harus fleksibel agar bisa diterapkan disemua dimensi kehidupan,” jelas Bambang Soesatyo di depan para mahasiswa.

Bambang Soesatyo berpaharap Silaturahmi Nasional BEM Nusantara dapat melahirkan rekomendasi bagi gerakan mahasiswa untuk melakukan perubahan dan pembaharuan di tengah-tengah masyarakat.(Humas Unram).