Mataram, Universitas Mataram – Bidang Kemahasiswaan Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) melalui Zoom Meeting, Selasa (22/9) dan Rabu (23/9) pagi kemarin.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Unram Drs. Ruspan, M.Ak mengatakan pengembangan kemahasiswaan dilakukan dengan penuh kesadaran, terencana, teratur, terarah dan bertanggung jawab. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Salah satu upaya pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa yang saat ini kita beri nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar atau LKMM-TD,” jelasnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan pengembangan kemahasiswaan dibutuhkan keterampilan dan manajemen berorganisasi. Sehingga dengan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu memimpin tapi juga memiliki kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dimasa yang akan datang.

“LKKM bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin dengan cara memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan menejerial,” bebernya.

Senada dengan Ruspan, mewakili Rektor Unram Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si mengatakan pendidikan nasional harus mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan, mempertebal rasa kesetiakawanan dan sosial. Sehingga sejalan dengan itu, perlu dikembangkan iklim belajar Perguruan Tinggi yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta sikap inovatif dan kreatif mahasiswa.

“Perguruan Tinggi terus mengembangkan dan mengarahkan mahasiswa agar mereka memiliki daya penalaran, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, berjiwa wirausaha, penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab dan optimis menatap masa depan,” tuturnya kepada 77 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan daring tersebut.

Prof. Enny menjelaskan dalam rangka mewujudkan prinsip tersebut, diperlukan pembekalan pada para mahasiswa dibidang manajemen, dengan harapan agar kelak mereka dapat menjadi pemimpin yang mempunyai kemampuan teknis sesuai dengan tuntutan zaman.

“Melalui kegiatan LKKM-TD ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi dan melatih diri dalam kegiatan manajemen organisasi baik intra maupun antar perguruan tinggi, tentunya yang terarah dalam rangka mengembangkan sikap dan wawasan, serta kemampuan kepemimpinan, untuk dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai kader bangsa,” katanya.

Sehingga menurutnya, mahasiswa Unram dan lulusannya nanti selain memiliki skill yang baik dibidang kurikuler, juga memiliki kemampuan softskill, yang diperoleh melalui kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah dengan berorganisasi baik di UKM, BEM, DPM, maupun ikatan organisasi mahasiswa sejenis yang menuntut pengetahuan dan keterampilan.