Mataram, Universitas Mataram – Tim Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) Universitas Mataram (Unram) berhasil membawa nama almamater berlaga ke tingkat nasional setelah sukses menyisihkan puluhan tim lain selama seleksi tingkat wilayah VIII atau LLDIKTI VIII se-Bali Nusra. Hal tersebut dibenarkan oleh Drs. Baharudin, M.Hum selaku Pembina KDMI dan NUDC Unram saat dikonfirmasi oleh Humas Unram di Rektorat, Kamis (4/9) kemarin.

“Allhamdulillah mereka berhasil ke tingkat nasional,” ujarnya.

Baharudin menjelaskan kompetisi debat tingkat wilayah yang biasanya di gelar di Bali itu, tahun ini harus digelar secara daring mengingat pandemi masih belum berakhir. Meskipun demikian, Ia menuturkan bahwa hal tersebut justru semakin memacu tim Unram untuk berlatih dan berkompetisi dengan kemampuan terbaik mereka.

Dia menjelaskan, seleksi tingkat wilayah itu bertujuan memilih tim terbaik untuk diikutkan pada kompetisi tingkat nasional. Beruntung, Unram selalu langganan tiap tahunnya. Tercatat Unram selalu tembus ke tingkat nasional. Hingga tahun ini pun tim KDMI dan NUDC Unram lolos untuk beradu argumen pada kompetisi tingkat nasional.

Menjalani latihan intensif dua kali dalam sepekan bersama tutor dan latihan mandiri untuk mengasah kemampuan berargumentasi, menjadi langkah strategis tim Unram dalam mempersiapkan diri menuju kompetisi tingkat nasional.

Nantinya gelaran seleksi tingkat nasional juga akan digelar secara daring. “Untuk nasional pun juga akan digelar secara daring menggunakan zoom,” terang Burhanudin.

Selain itu, dia juga mengatakan telah melibatkan alumni yang pernah menjadi debater sebagai lawan debat tim Unram selama menjalani proses latihan.

Lalu Jagad Al Ula salah satu anggota tim NUDC Unram mengaku sangat bersyukur karena berhasil mewakili Unram untuk berkompetisi di tingkat nasional. Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram itu mengaku sangat optimis dan termotivasi, mengingat Unram selalu berhasil lolos ke tingkat nasional.

“Allhamdulillah bersyukur sekali masih bisa mewakili LLDIKTI VIII ke nasional, khususnya bawa nama Unram, karena setahu saya Unram gak pernah gak lolos ke nasional, jadi ada pressure (dorongan, red.) tersendiri,” serunya.

Mahasiswa yang berhasil mewakili Unram pada kompetisi yang sama tahun lalu itu menerangkan, selain menjalani latihan bersama tutor, dia juga mempersiapkan diri melalui adu debat dengan teman-temannya, menonton video debat, hingga membekali diri dengan banyak membaca berita. Dia pun optimis bisa membanggakan nama almamater pada kompetisi tingkat  nasional yang dijadwalkan pada 24 September mendatang.

Insyaa Allah siap harumkan nama Unram,” semangatnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Enny Yulianni, M.Si berpesan kepada tim Unram agar mempersiapkan diri dengan baik dengan meningkatkan kemampuan berargumentasi, meningkatkan pengetahuan global, memperkuat kerjasama tim debat, latihan secara intensif agar bisa menguasai teknik dan topik debat, serta memahami poin penjurian.

“Percaya diri, tetap semangat dan jangan lupa berdoa,” pesannya.