Mataram, Universitas Mataram – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri Universitas Mataram (Unram) berjalan dengan lancar.

Hal tersebut dapat dilihat dibeberapa titik yang menjadi lokasi tes, diantaranya adalah gedung UPT Pusat Teknologi dan Informasi (Pustik) dan gedung Auditorium Muhammad Yusuf Abu Bakar (MYA) Unram, Rabu (12/8) lalu.

Dini Jantika Pitri sebagai salah satu peserta UTBK Mandiri mengaku, panitia telah menerapkan protokol kesehatan dan aturan ujian dengan tegas.

“Tadi saya lihat panitia sudah cukup tegas menerapkan aturan ujian,” ujar perempuan asal Lombok Timur itu.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa suasana kampus Unram sangat sejuk dan asri. Menurutnya, tidak perlu kuliah keluar daerah jika daerah sendiri sudah memiliki kampus bagus dan ternama seperti Unram.

“Unram ini sejuk, enak, bagus juga gitu. Lebih baik disini aja, ngapain harus cari (kuliah, red.) diluar,” terangnya usai mengikuti tes di UPT Pustik Unram.

Dini menyebutkan bahwa dirinya memilih program studi Teknik Sipil dan  Arsitektur dalam tes yang hanya mengujikan Bidang Studi Dasar itu. Dia mengaku tertarik untuk mempelajari bidang tersebut, sekaligus untuk menepis asumsi jurusan Teknik tidak hanya digandrungi laki-laki.

“Karena kebanyakan laki-laki kan ?. Padahal gak kaya gitu, jadi saya merasa tertarik dan tertantang aja karena itu pilih Teknik Sipil dan Arsitektur,” ungkapnya.

Dini yakin bisa lulus dalam seleksi Mandiri tahun ini, sebab dirinya mengaku telah mempersiapkan diri dengan membuat kelompok belajar untuk mempelajari dan membahas soal-soal tes serupa.

“Allahmdulillah bisa jawab sih, karena saya sama teman-teman, dibantu sama guru juga, udah pelajari dan bahas  soal-soal tes lima tahun terakhir,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rizki, salah satu peserta yang mengikuti UTBK Mandiri di gedung MYA.  Dia mengatakan pelaksanaan UTBK Mandiri Unram sudah bagus karena telah menerapkan protokol kesehatan bahkan sejak memasuki area kampus.

“Penerapan protokol Covid-19 sudah bagus, di pintu masuk juga sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh,” katanya usai mengikuti tes di Auditorium MYA Unram.

Laki-laki asal Tangerang Provinsi Banten itu mengaku mengincar Program Studi S1 Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran. Dia mengatakan bisa menjawab soal dengan lancar, mengingat soal UTBK Mandiri Unram tidak jauh berbeda dengan soal-soal tes lainnya.

“Soal-soalnya gak jauh beda sama soal-soal tes lain,” serunya.