Mataram, Universitas Mataram – Segenap civitas akademika Universitas Mataram (Unram) yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa mengikuti upacara Hari Pahlawan dengan khidmat bertempat di lapangan rektorat unram, senin (11/11).

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum selaku Pembina upacara menyampaikan pidato dari Menteri Sosial (Mensos) RI. Dalam pidato tersebut, Mensos menyampaikan agar masyarakat lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan serta mengajak  membangkitkan semangat berinovasi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ini yaitu  “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Mensos menyatakan bahwa menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Menjadi Pahlawan Masa Kini juga dapat dilakukan dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa dimata Internasional.

Mensos berpesan agar masyarakat senantiasa meningkatkan kesadaran mereka untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Tidak membiarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Tidak membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Mensos dalam pidatonya juga menyampaikan bahwa dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi serta mengajak untuk terus menurus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh dalam hati sanubari segenap masyarakat Indonesia.