Mataram, Universitas Mataram – Ditjen Sumberdaya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Sub bagian Kependidikan Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Sosialisasi Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi) di lingkungan Unram, Jum’at 29 Maret 2019 di Rektorat.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Unram Drs. Swastahadi. Sosialisasi diikuti oleh 42 orang tenaga kependidikan berprestasi di lingkungan Unram. Swastahadi menekankan pentingnya meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan untuk mendukung tercapainya visi misi Unram.

“Sosialisasi beasiswa ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan, semoga acara ini dapat bermanfaat untuk Bapak/Ibu tenaga kependidikan,”ungkap Swastahadi.

Materi sosialiasasi beasiswa PasTi disampaikan langsung oleh Kasubdit Kualifikasi Tenaga Kependidikan Sulistyo Nugroho, ST dari Ditjen Sumberdaya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sulistiyo menyampaikan bahwa beasiswa PasTi merupakan beasiswa yang khusus diberikan untuk tenaga kependidikan di lingkungan Kemenristekdikti. “Kuota yang tersedia untuk tahun ini sebanyak 75 orang dan hanya ada di perguruan tinggi dalam negeri saja seperti UGM, UI, UNPAD, UNDIP, UB, ITS, ITB IPB, UNHAS dan ISI Surakarta. Tahun depan beasiswa PasTi juga akan ada untuk perguruan tinggi luar negeri, jadi bagi yang ingin melanjutkan ke luar negeri bisa mendaftar tahun depan,”paparnya.

Meski demikian, untuk mendapatkan beasiswa PasTi ini peserta diwajibkan mengikuti seleksi di internal Unram dan mengantongi surat penugasan dari pejabat Pembina kepegawaian terlebih dahulu, sebelum nantinya mendaftar ke perguruan tinggi tujuan dan di laman aplikasi pendaftaran beasiswa PasTi http://beasiswa.ristekdikti.go.id/pasti/.