Home>Berita>Seputar Kampus>Dorong Peningkatan IKU 1, Unram Siapkan Lulusan Untuk Studi Lanjut dan Mendapatkan Pekerjaan

Dorong Peningkatan IKU 1, Unram Siapkan Lulusan Untuk Studi Lanjut dan Mendapatkan Pekerjaan

Published On: September 2nd, 2022By Tags: ,

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) gelar Tracer Study dan pembahasan IKU 1 Unram dalam melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus serta mempersiapkan strategi terbaik untuk memetakan dunia usaha dan industri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 31 Agustus 2022 di ruang Sidang Senat, Rektorat.

Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, memandu secara langsung kegiatan tersebut. Prof Enny mengungkapkan bahwa Dikti saat ini sedang melaksanakan upaya untuk merintis kompilasi data Tracer Study nasional khususnya mengenai transisi dan posisi pekerjaan lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja. Selain itu, untuk melacak output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi. Serta untuk mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja untuk menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja.

Tracer Study erat kaitannya dengan Indikator Kerja Utama (IKU) satu, yakni lulusan/alumni mendapat pekerjaan yang layak. Dalam kesempatannya Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr,St., Ph.D. juga menuturkan terkait strategi-strategi terbaik yang mampu meningkatkan IKU 1 Unram. Diantaranya melakukan training, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, serta adanya program fast track. “Siapkan segalanya agar kita siap membantu mereka bisa melanjutkan studi dan siap mendapat pekerjaan,” tegas Prof. Bambang.

Koordinator IKU Satu Unram menjelaskan terkait tiga aspek yang digagas, salah satunya terkait dengan bagaimana alumni mendapat pekerjaan yang layak. Hal ini dilakukan dengan membentuk SLP dengan harapan agar dosen-dosen berpotensi menjadi assessor, “sehingga setiap matkul yang diajarkan akan menampilan skema-skema kompetensi yang ditawarkan dalam dunia industri,” jelasnya. Nantinya mahasiswa tidak hanya memiliki ijazah kelulusan tetapi saat duduk di semester 5 atau 6 mahasiswa juga memiliki ijazah Kompetensi BNSP dengan harapan agar ketika lulus nanti hal ini bisa menjadi modal untuk mendapatkan pekerjaan sebelum 6 bulan lulus dari Unram bahkan bisa mendapat pendapatan 1,2 kali pendapatan UMR.

Tidak hanya memiliki ijazah, nanti semester 5, 6 memiliki ijazah kompetensi BNSP bisa mendapatkan pekerjaan sebelum 6 bulan lulus dari Unram. Dan pendapatan mereka 1,2 kali pendapatan UMR.

Terkait dengan alumni Unram yang ingin mendapatkan studi lanjut, nantinya Unram akan melakukan “Unram Scholarship Day” sekaligus memperkenalkan program fast track kepada mahasiswanya.

Dalam kegiatan tersebut ikut hadir pula ketua dan sekretaris Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir (BKPK) Unram, yang melaporkan terkait dengan Tracer Study serta melakukan evaluasi kinerja Tracer Study. Selain itu, hadir pula Dekan Fakultas, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Program Studi dari masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Mataram.

Berita Lainnya

Pengumuman

Agenda