Loading Events
This event has passed.

KEGIATAN DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) TAHUN 2019

KERJASAMA ANTARA KEMENTRIAN KOMINFO DAN UNIVERSITAS MATARAM

 

  • Latar Belakang

Kerjasama ini didasari oleh ketimpangan antara jumlah dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia dengan peluang kerja di Indonesia. Peluang kerja di bidang teknologi informasi dan industri-industri yang menghasilkan data digital cukup banyak. Untuk mengolah data digital tersebut diperlukan kemampuan komputasi tingkat tinggi untuk mengekstraksi data dan menyarikan makna dari data tersebut. Namun, kemampuan lulusan perguruan tinggi yang tersedia, belum sepenuhnya memenuhi kualifikasi tersebut.

Berdasarkan evaluasi dari kegiatan “Digital Talent Scholarship 2018” (DTS 2018) yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi, serapan industri terhadap keluaran dari kegiatan tersebut cukup besar sehingga kegiatan serupa perlu diselenggarakan kembali dalam skala yang lebih besar.

  • Tujuan Umum

Mempersiapkan pemuda Indonesia untuk menyambut transformasi digital dan mampu beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0. Selanjutnya mengingat peningkatan skala peserta pada DTS 2019, pelaksanaan kegiatan tersebut disebar ke beberapa universitas. Kali ini, Universitas Mataram dipercaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut untuk area Nusa Tenggara Barat.

Secara khusus, tujuan DTS ini adalah:

  1. Memberikan pengetahuan kepada pemuda-pemuda Indonesia dalam menangani data yang berukuran sangat besar
  2. Memberikan pengetahuan untuk menerjemahkan data dan mengambil kesimpulan dari fenomena sebuah data
  • Nama Kegiatan

Kegiatan ini diberi nama “Digital Talent Scholarship (DTS) 2019” wilayah Nusa Tenggara Barat

  • Tempat dan Waktu

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam 144 jam, 4 (empat) jam sehari selama bulan Juli dan Agustus 2019 bertempat di Pusat Layanan Teknologi Informasi (PUSTIK) Unram.

  • Peserta

Peserta kegiatan ini adalah alumni S1 (fresh graduate), dari berbagai universitas di Indonesia, khususnya di sekitar Nusa Tenggara Barat