MIPA

MIPA 2017-05-27T14:52:24+00:00

Informasi Umum

mipa1NTB adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi sumber daya kelautan, pertanian, peternakan dan kehutanan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Agar sumber daya hayati yang ada tersebut dapat dimanfaatkan secara lestari dan dampak pengembangan industri terhadap lingkungan dapat terkendali, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan penguasaan ilmu dan teknologi yang mipa2berkaitan dengan bahan alam dan sumber hayati.  Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut   adalah melalui proses pendidikan untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang handal pada bidangnya masing-masing.

Program Studi

Pada saat ini (2012) Faklutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mataram memiliki 4 (empat)  Program Studi, yaitu Program Studi Biologi; Program Studi Kimia; Program Studi Fisika; dan Program Studi Matematika.

Program Studi Biologi

Program Studi Biolog iadalah salah satu Program Studi di Fakultas MIPA Unram yang diarahkan untuk menciptakan sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan kosentrasi di bidang bioteknologi dan biologi kelautan. Oleh karena itu Program Studi Biologi Universitas Mataram merumuskan suatu tujuannya dalam melaksanakan pendidikan yaitu:

1)    Menghasilkanlulusan yang berkualitas dengan pengetahuan kekhasan daerah Wallace;
2)    Melaksanakan penelitian yang berkualitas dan kompeten dalam bidang Biologi dengan kekhasan daerah  Wallace;
3)    Menerapkan hasil penenlitian bidang Biologi kekhasan wilayah Wallace yang untuk membantu masyarakat;
4)    Memberikankontribusi dalam proses pengembangan ilmu Biologi tingkat nasional dan internasional.

Riset Unggulan.  Dosen pada Progran studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram telah banyak melakukan Penelitian yang bertaraf internasional seperti berikut :

1)         Functional Group of Spiders in Cultivated Landscape Dominated by Paddy Fields in West Java, Indonesia;
2)         Potency of Rhadophyta as Carageenan-Producing Macroalgae;
3)         The Effect Several West Nusa Tenggara Seaweeds on Growth and Yield of Tomato (Licopersicumesculentum L);
4)         Plant Usage for Healing Skin Disease by Traditional Javanese People;
5)         Mapping of Marine Plant Distribution in North Coastal Area of Sumbawa Regency Using ALOS AVNIR-2 Data;
6)         Diversity of Seaweed in West Nusa Tenggara and Its Potency;
7)         Diversity of Seaweed in West Nusa Tenggara and Its Potency;
8)         The effect of Several West Nusatenggara Seaweeds on Growth and Yield of Tomato (licopersicumesculentum l.);
9)         The effect of Macro Algae Extracts on Germination and Growth of Several Legume Species;
10)     StudiKeanekaragamanMakroInvertebratabentikSebagai Indicator Kualitasperairan Sungai Jangkuk .NTB;
11)     Skreening of Antibiotik Producing Actinomycetes  at Salt Lake GiliMeno-Northern of Lombok;
12)     Uji Potency Proteksi seluler Rumput Laut Strain Nusa Tenggara Barat Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Pelindung Kulit Alami;
13)     Diversity of Seaweed In west Nusa Tenggara Barat and its  Potency.
14)     Konsorsium tumbuhan anti moluska
15)     Konsorsium tumbuhan anti serangga
16)     Konsorsiaum mikroalga untuk produksi biodiesel.

Sarana dan prasarana yang telah dimiliki  terdiri atas laboratorium Biologi, Kelautan, Bioteknologi, Kimia, Fisika dan Kimia Analitik. Selain itu untuk keperluan penelitian dan tugas akhir, disediakan pula peralatan mutakhir di bidang kultur jaringan hewan dan tumbuhan, biologi molekuler, imunologi, dan rekayasa genetik, serta untuk penentuan struktur kimia suatu bahan hayati (seperti bahan bioaktif, obat-obatan tradisional dll) yang berada pada Laboratorium Bersama Universitas Mataram.

Program Studi Kimia

mipa3Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang pendapatannya bersumber dari sektor pertanian, pertambangan  dan industri seperti pariwisata (agrowisata dan wisata bahari), tekstil dan kerajinan. Dalam upaya untuk mempercepat laju perekonomian daerah yang bertumpu pada pengelolaan sumber daya alam, maka sangat diperlukan sumberdaya manusia profesional dan berkualitas, yang mampu mengelola sumber daya alam secara bijaksana, yang tidak saja mementingkan aspek produksi, tetapi juga sangat memperhatikan aspek keberlanjutan sumber daya alam (sustainability). Dengan memperhatikan sektor yang menjadi landasan pembangunan ekonomi NTB, maka di masa yang akan datang daerah ini sangat memerlukan sumberdaya manusia profesional di bidang pertambangan dalam arti luas yang berbasis penguasaan Ilmu Kimia yang kuat, disamping ilmu-ilmu dasar yang lain.

Untuk mewujudkan visi misi Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Mataram telah menetap tujuan pendidikan sebagai berikut :

1)                   Menghasilkanlulusan yang profesional, berkualitas dan mampu bersaing baik ditingkat regional maupun nasional;
2)                   Menghasilkan lulusan yang mampu mengekplorasi sumberdaya alam lokal yang potensial;
3)                   Mampu mengikuti perkembangan ilmu kimia dan dapat mengaplikasikannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Riset Unggulan.  Beberapa riset unggulan yang dilakukan dosen-dosen di Program Studi Kimia Universitas Mataram diantaranya adalah:

1)         Silver Award ” Invention Exhibition of New Invention, Technique and Product 2005, Geneva, Swiss”;
2)         Saintis Cemerlang 2005 “ kementrian Pengkajian Tinggi”;
3)         Silver Medal “dalam Pameran Reka Cipta, Penyelidikan dan Inovasi Universiti Putra Malaysia 2003;
4)         Gold Medal “ Invention and Research Exhibition 2002”;
5)         Bronze Medal, dalam Pameran Reka Cipta, Penyelidikan dan Inovasi Universiti Putra Malaysia 2005.

Program Studi Fisika

Program Studi Fisika merupakan salah satu Program Studi di Fakultas MIPA Unram yang diarahkan untuk menciptakan sumberdaya Manusia (SDM) yang professional danberkualitasyang mampu mengelola sumber daya alam secara bijaksana, yang tidak saja mementingkan aspek produksi, tetapi juga sangat memperhatikan aspek keberlanjutan sumber daya alam.  Dengan memperhatikan sektor yang menjadi landasan pembangunan ekonomi NTB, maka di masa yang akan datang daerah ini sangat memerlukan sumberdaya manusia profesional di bidang pertambangan dalam arti luas yang berbasis penguasaan ilmu Fisika yang kuat, disamping ilmu-ilmu dasar yang lain.

Untuk mewujutkan visi misi Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas Mataram menetapkan suatu tujuan sebagai berikut:

1)         Menghasilkan lulusan yang profesional, berkualitas dan mampu bersaing baik ditingkat regional maupun nasional;
2)         Menghasilkan lulusan yang mampu mengeksplorasi sumber daya alam lokal yang potensial;
3)         Mampu mengikuti perkembangan ilmu fisika dan dapat mengaplikasikannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Riset Unggulan.  Dosen pada Progran studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram telah banyak melakukan penelitian yang bertaraf Internasional seperti berikut :
1)         The Finite Difference Time Domain Method for Computing The Single-Particle Density Matrix
2)         Interaction Between a Water Molecue and a Graphie Surface
3)         Analysis of Subsidence in Jakarta using Time-Lapse Microgravity
4)         Temperature and Wind as New Parameters for Rainfall Prediction in Mataram

Program Studi Matematika

Program Studi Matematika Fakultas MIPA Unram yang diarahkan untuk menciptakan sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan kosentrasi di bidang ilmu-ilmu dasar khususnya ilmu matematika. Untuk menunjang hal tersebut, Program Studi Matematika Fakultas MIPA Unram menetapkant ujuan pendidikan sebagai berikut:

1)         Menghasilkan lulusan yang profesional, berkualitas dan mampu bersaing baik ditingkat regional maupun nasional;
2)         Menghasilkan lulusan yang mampu mengekplorasi sumber daya alam lokal yang potensial;
3)         Mampu mengikuti perkembangan ilmu matematika dan dapat mengaplikasikannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Riset Unggulan.  Dosen pada Progran Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Mataram telah banyak melakukan penelitian diantaranyaadalah :

1)         Model Matematika Penentuan Luas Maksimum Penebangan Hutan yang Diperkenankan untuk Mempertahan Jumlah Simpanan Air dalam Hutan;
2)         Analisis Kebijakan Ekonomi Bumi Sejuta Sapi Menggunakan Matriks Leslie;
3)         Design Parameter of Herbs with Taguchi Methods.General Information

Informasi Selengkapnya: http://mipa.unram.ac.id