FKIP Unram Gelar PPG Angkatan 2 dan 3 Secara Daring

Categories: Berita418 words1.6 min read

Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menggelar acara Penyegaran dan Asesmen Dosen dan Guru Pamong Pendidikan Profesi Guru Angkatan 2 dan 3 Tahun 2020, Selasa (4/8) pagi.

Dr. Wildan, M.Pd selaku Ketua Pelaksana acara FKIP Unram tahun 2020 menuturkan, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan secara nasional akan dilakukan dalam tiga angkatan di 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia.

“Angkatan 1 pada tanggal 7 Agustus, Angkatan 2 tanggal 14 Agustus dan Angkatan 3 tanggal 24 Agustus,” paparnya.

Dr. Wildan menyebutkan bahwa jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan PPG di Unram adalah sebanyak 292 orang untuk angkatan 1, 224 orang untuk Angkatan 2, dan 157 orang untuk Angkatan 3.

“Sebagian besar peserta PPG di Unram berasal dari Nusa Tenggara Timur,” bebernya.

Dia menuturkan kegiatan itu akan berlangsung selama 5 hari kedepan dan diikuti oleh 146 orang peserta yang terdiri 66 dosen dan 72 orang guru. Kegiatan asesmen sendiri akan berlangsung pada hari terakhir yakni Sabtu tanggal 8 Agustus mendatang, ujarnya.

“PPG dilaksanakan dengan new model (model baru, red.) seiring masih merebaknya Covid-19, yakni semua kegiatan PPG seperti orientasi, kuliah pendalaman materi, workshop, PPL, hingga ujian komprehensif dilakukan secara daring,” tandasnya.

Prof. Dr. Wahab Jufri, M.Sc menambahkan bahwa program yang digelar oleh FKIP tersebut adalah program yang diamanahkan kepada LPTK pemerintah dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi pendidik sehingga bisa meningkatkan mutu Pendidikan di semua jenjang Pendidikan (PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA).

“Tujuan utamanya untuk peningkatan kompetensi yang nantinya ditandai dengan pemberian sertifikat nasional,” ungkap Dekan FKIP itu.

Dia mengatakan kegiatan PPG yang hampir bersamaan dengan dimulainya tahun akademik 2020/2021 di Unram saat ini, menjadi tantangan bagi para dosen FKIP Unram untuk bekerja dengan sabar, tekun dan disiplin sehingga tujuan digelarnya acara bisa tercapai.

“Semoga kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan yang diamanahkan kepada kita, bisa kita capai bersama,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum mengingatkan tantangan dunia pendidikan kedepan semakin berat. Hal tersebut berarti tantangan bagi LPTK, termasuk FKIP Unram untuk mempersiapkan guru, baik secara internal maupun eksternal akan semakin berat pula.

“LPTK dituntut untuk terus mengembangkan kapasitasnya untuk melakukan pembenahan,” tutur Prof. Husni.

“Meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa agar dapat menghasilkan calon-calon guru yang berkualitas sesuai zamannya, ” sambungnya.

Prof. Husni menuturkan pembenahan untuk meningkatkan kualitas guru itu terus diupayakan, misalnya sertifikasi guru yang pada awalnya dilakukan melalui portofolio, kemudian disempurnakan melalui PLPG, dan sekarang dilaksanakan melalui PPG dalam jabatan dan PPG Prajabatan secara tatap muka.

“Diharapkan kepada para calon dosen dan guru pamong yang mengikuti penyegaran ini dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

AUTHOR

admin

TANGGAL

August 5, 2020

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya