Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar acara “Konferensi Tahunan Perdana bidang Pendidikan dan Ilmu Sosial” (1st Annual Conference on Education and Social Sciences/ACcESS) dengan mengangkat tema “Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0” (Character Education in Industrial Revolution 4.0) di Gedung Dome Unram, Jumat (11/10).

Kegiatan konferensi akan digelar selama dua hari yaitu 11 dan 12 Oktober, sebagai salah satu agenda untuk merayakan Dies Natalis FKIP Unram yang ke-38 tahun.

Dr. Aris Doyan, M.Si selaku ketua panitia memaparkan bahwa sub tema dalam acara konferensi dibagi menjadi lima bagian yaitu Pengembangan Pendidikan Dasar Melalui Literasi dan Lumenerasi, Kajian MIPA dan Implementasinya dalam Pembelajaran, Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ilmu Sosial, Literasi Bahasa dan Pembelajarannya, serta Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri.

“Tercatat sebanyak 314 artikel yang telah dikirimkan peserta kepada panitia yang terdiri dari 290 presenter dan 24 sesi poster dimana peserta tersebut  berasal dari berbagi perguruan tinggi dari 7 Provinsi yaitu dari Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Papua, Jambi dan Sulawesi Utara” papar Dr. Aris.

Sementara itu Dekan FKIP Unram Prof. Wahab Jufri, M.Sc menyatakan bahwa FKIP terus berupaya untuk membantu meningkatkan kualitas kinerja perguruan tinggi baik dengan menggelar acara-acara ilmiah seperti konferensi ini maupun dengan memfasilitasi para dosen FKIP untuk mengembangkan diri sehingga dapat menghasilkan karya-karya ilmiah.

“Kami memiliki target satu dosen dapat membuat minimal satu artikel dalam 1 tahun” tutur Prof. Wahab.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan konferensi skala internasional tersebut.

Agusdin berharap agar kegiatan-kegiatan ilmiah semacam ini dapat membantu percepatan peningkatan kualitas SDM lembaga khususnya dosen dan mahasiswa FKIP serta bisa berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kinerja perguruan tinggi.