Home1 2018-04-11T14:27:51+00:00

Terinspirasi Dari Keunggulan dan Teknologi

Kami menawarkan berbagai macam pengajaran berkualitas tinggi dan kegiatan extra kurikuler

MENGAPA MEMILIH UNIVERSITAS MATARAM?

Kami menawarkan berbagai paket pelatihan di berbagai bidang studi dan dapat menawarkan kesempatan belajar campuran untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan sebaik-baiknya. Jika duduk di kamar dengan pelatih dan memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lain terdengar bagus untuk Anda maka kami dapat menawarkan ini.

Jika Anda lebih suka belajar di waktu Anda sendiri dan dengan kecepatan Anda sendiri, maka salah satu paket e-learning kami mungkin ada di jalan Anda. Ada opsi ketiga, yaitu Anda menyukai bunyi keduanya tetapi mungkin tidak dapat menghadiri semua sesi pelatihan, ini adalah ketika pembelajaran terpadu datang ke dalam dirinya sendiri.

.

Berita Terkini

Covering topics from classes to politics and student organization events.

FASILITAS KELAS INTERNASIONAL

Universitas Mataram dikhususkan untuk keunggulan dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian, dan mengembangkan pemimpin dalam banyak disiplin ilmu yang membuat perbedaan secara global.

  • Fokus internasional – Mahasiswa kami berasal dari seluruh dunia

  • Kursus residensial – kami mendorong pembelajaran dan pertumbuhan

VISI DAN MISI

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025.

Misi :

  1. Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang berbasis riset dan berkualitas dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia berwawasan global yang dilandasi nilai iman dan taqwa.
  2. Meningkatkan kegiatan riset yang mampu menghasilkan Ipteks yang berdaya saing Internasional dan mendukung kegiatan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis riset dalam rangka membangun budaya, sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia
  4. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sejarah Singkat Universitas Mataram

Universitas Mataram (UNRAM) merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan di bawah Kementerian Pendidikan Nasional, berkedudukan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Proses berdirinya Universitas Mataram diawali dengan pembentukan Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri di Mataram berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 89/62 tanggal 26 Juni 1962. Panitia ini diketuai oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I NTB, yaitu R. Ar. Moh. Ruslan Tjakraningrat.

Badan Persiapan ini menghasilkan dua usulan pokok, yaitu :

  1. Pendirian Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan, dan Fakultas yang menghasilkan ahli agronomi;
  2. Alternatif nama Universitas: SANGKAREANG atau MATARAM.

Berdasarkan usulan Badan Persiapan yang diteruskan oleh Panitia Persiapan, ditetapkan berdirinya Universitas Negeri yang berkedudukan di Mataram, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 139/62 tanggal 3 Nopember 1962. Sampai satu tahun setelah penerbitan SK tersebut, tidak ada kegiatan yang menandai berfungsinya universitas, sehingga atas permintaan Gubernur, pada tanggal 17 Nopember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang membuka Fakultas Ekonomi yang diharapkan kelak akan menjadi salah satu fakultas di Universitas Negeri di Mataram.

Badan Persiapan Pendirian Universitas Mataram dibubarkan tanggal 7 Desember 1963 karena tugasnya dinyatakan telah selesai. Pada tanggal 19 Desember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang menyerahkan Fakultas Ekonomi berikut 41 orang mahasiswanya kepada Gubernur untuk selanjutnya diresmikan oleh Menteri PTIP. Pada saat inilah secara resmi Universitas Negeri di Mataram mengawali kegiatannya. Atas dasar inilah pada masa-masa awal Universitas Mataram memperingati Dies Natalis pada tanggal 19 Desember. Namun setelah serangkaian proses pendirian tersebut dicermati ulang ditetapkan kemudian bahwa Dies Natalis jatuh pada setiap tanggal 1 Oktober. Pada tahun 1967, Universitas Mataram mendirikan tiga fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Pertanian (1967), Fakultas Peternakan (1967) dan Fakultas Hukum (1967).

Dalam perkembangannya, hingga tahun akademik 2011/2012 Universitas Mataram memiliki 9 fakultas. Empat fakultas yang dibentuk setelah Fakultas Hukum adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tanggal 25 April 1981. Kemudian Fakultas Teknik, fakultas ini didirikan berdasarkan perubahan status Sekolah Tinggi Teknik Mataram (STTM) menjadi Program Studi Teknik Sipil tanggal 8 Nopember 1991. Tanggal 21 Oktober 1993 secara resmi berdiri Fakultas Teknik di Universitas Mataram. Tiga fakultas terakhir yang didirikan adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran, masing-masing Tanggal 25 Agustus 2007 dan tanggal 25 Agustus 2007, serta Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri tanggal 4 Pebruari 2012.

COURSES

EVENTS

LATEST NEWS