Menuju Kualitas Unggul: Asesmen Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Unram oleh Asesor Lamdik
Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menerima kunjungan tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) untuk melakukan proses akreditasi Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Unram. Asesmen ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 29 Februari hingga 1 Maret 2024, bertempat di Ruang Sidang Senat FKIP Unram.
Kedatangan tim asesor Lamdik di FKIP Unram disambut hangat oleh Rektor Unram, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, serta Dekan FKIP Unram. Anggota tim asesor Lamdik yang hadir adalah Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D. dan Yosafat Hermawan Trinugraha, S.Sos., M.A., Ph.D.
Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menyampaikan, “Kunjungan tim asesor Lamdik ini merupakan momen penting bagi kami dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas Program Studi Pendidikan Sosiologi di FKIP Unram. Kami sangat menghargai dedikasi dan waktu yang diberikan oleh tim asesor dalam memberikan pandangan dan masukan-masukan yang konstruktif. Mudah-mudahan hasil dari asesmen ini dapat membawa berkah bagi kita semua.”
Sementara itu, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D. selaku Dekan FKIP Unram menambahkan, “Kami sangat antusias menyambut kedatangan tim asesor Lamdik dalam proses akreditasi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Dan kami percaya bahwa asesmen lapangan ini akan membantu kami mengidentifikas kekuatan dan kelemahan program studi kami, sehingga kami dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan kami.”
Di samping itu, asesor Lamdik Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D. menjelaskan jika mereka akan memberikan evaluasi yang komprehensif terhadap berbagai aspek program studi, termasuk kurikulum, metode pengajaran, pengelolaan akademik, hingga pencapaian program studi. Melalui asesmen lapangan ini akan diberikan masukan bagi FKIP Unram dalam mengindentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki serta potensi-potensi yang bisa ditingkatkan guna mencapai standar kualitas yang diinginkan.
Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Pernyataan Pelaksanaan Asesmen Lapangan. Pada hari pertama (29/2) asesmen lapangan, terdapat sesi bersama pimpinan Unram yang melibatkan dekanat dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FKIP Unram. Dalam hal ini tim asesmen Lamdik akan mengonfirmasi berbagai terkait kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi. Kemudian, dilakukan konfirmasi pelaksanaan terkait hasil dan efektivitas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang meliputi seluruh siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP).
Sesi kedua mencakup konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) yang melibatkan tim akreditasi FKIP Unram dan tim akreditasi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Sedangkan sesi terakhir melibatkan dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa.
Kegiatan asesmen lapangan pada hari kedua (1/3) mencakup observasi pembelajaran, sesi pengecekan sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung, serta kerja mandiri tim asesor. Selain itu, dilakukan penyampaian feedback dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan, serta disampaikannya rekomendasi akreditasi kepada perguruan tinggi.