Workshop LMS Unram: Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Sesuai Standar Akreditasi
Mataram, Universitas Mataram — Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan workshop bertajuk Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Sesuai dengan Standar Akreditasi Perguruan Tinggi. Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu (26/10) di Hotel Golden Palace ini diikuti lebih dari 100 dosen dari berbagai fakultas di Unram.
Kepala LPMPP Unram, Dr. Ir. Sitti Latifah, M.Sc.F., IPU, dalam arahannya, menjelaskan bahwa tujuan utama dari workshop ini adalah memperkenalkan platform LMS yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Ia berharap LMS ini mampu menjembatani para dosen dalam pengajaran berbasis digital dan dapat diimplementasikan secara masif di lingkungan Unram.
“Dengan adanya LMS, kita bisa memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif, di mana dosen dan mahasiswa dapat terhubung dengan lebih mudah, terutama untuk berbagai kegiatan akademik,” ujarnya.
Workshop ini mendapat apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Prof. Dr. Sitti Hilyana. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa implementasi LMS akan membawa efisiensi, baik dari segi tenaga, waktu, maupun biaya. Ia juga mengapresiasi semangat para dosen muda yang mengikuti workshop ini.
“Dengan satu platform, kita dapat mengelola pembelajaran secara lebih terstruktur, yang tentunya berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di Unram,” ungkapnya.
Tiga narasumber berkompeten hadir dalam kegiatan ini untuk berbagi pengetahuan dan praktik terkait LMS. Azhari Hasbi, S.T., menyampaikan materi “Membuat Kursus dan Konten di Moodle”, Dr. Alim Sumarno, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya memberikan dua materi terkait “Fitur Interaktif di Moodle” dan “Manajemen Pengguna dan Penilaian”, serta Fitri Bimantoro, S.T., M.Kom. yang membahas “Penyampaian Tugas dan Proses Pendampingan LMS”.
Workshop ini diharapkan menghasilkan luaran yang signifikan, yaitu pemanfaatan LMS dalam setiap mata kuliah di program studi, pengelolaan LMS yang lebih tertata oleh dosen muda, serta peningkatan kualitas pembelajaran di Unram.