Mataram, Universitas Mataram – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) berhasil membawa harum nama almamater dalam kompetisi debat bahasa inggris tingkat nasional yakni National Universities Debating Championship (NUDC) yang digelar secara daring pada Kamis (24/9) hingga Rabu (30/9) lalu.

Mahasiswa berprestasi itu adalah Bi Asma Taroa Kasipahu yang berhasil meraih kategori Best Speaker Novice. Best speaker (pembicara terbaik) terpilih atas akumulasi dari speaker scores (skor pembicara) selama 6 ronde.

“Sehingga untuk menjadi best speaker setiap ronde harus melakukan yang terbaik,” jelasnya saat dihubungi oleh Humas Unram, Kamis (8/10) kemarin.

Dia melanjutkan, speaker score yang didapatkannya cukup dinamis dan tidak selalu sama. Dia mengaku terkejut dirinya berhasil masuk 15 besar best speaker novice karena speaker skor hanya diumumkan saat grand final telah dilaksanakan.

“Selama bertanding saya tidak tahu speaker score saya, setelah melihat speaker score, saya mendapatkan nilai tertinggi pada ronde ke-6,” ungkapnya.

Mahasiswa semester VII Program Studi (Prodi) Agroekoteknologi Fakultas Pertanian itu memaparkan dirinya berhasil meraih skor tertinggi tersebut karena bisa menjawab pertanyaan krusial dari juri yang berkaitan dengan mosi.

“Karena keberhasilan ini kami berhasil masuk ke octofinal (32 besar nasional) dan ada diurutan ke-15 besar nasional, sejauh ini itu rangking tertinggi Unram,” serunya.

Dirinya membeberkan rahasia keberhasilannya dalam ajang bergengsi tingkat nasional itu adalah karena banyak membaca, banyak menonton/mengikuti isu-isu yang berkaitan dengan mosi debat politik, ekonomi, teknologi dan sebagainya.

“Semoga debaters (pendebat, red.) generasi selanjutnya dapat berprestasi lebih tinggi lagi dari saya dan debate community (komunitas debat, red.) di NTB terus berkembang,” harapnya.