Mataram, Universitas Mataram – Wakil Rektor (WR) bidang bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Mataram (Unram) mengatakan bahwa Unram mendapatkan dana hibah Rp. 12 M untuk Program Erasmus dari Perguruan Tinggi di Italia dan Firlandia, Rabu (18/3) lalu.

“Program Erasmus adalah program pertukaran mahasiswa di Uni Eropa dengan masa kontrak atau kerjasama selama tiga tahun” jelasnya.

Yusron menerangkan bahwa dana hibah untuk kerjasama dalam program Erasmus itu telah diajukan proposalnya dua tahun sebelumnya. Dia juga mengungkapkan bahwa tujuan dari dana hibah itu sendiri adalah untuk pengembangan dunia kewirausahaan mahasiswa.

“Alhamdulillah kita di Unram dapat bagian dalam program tersebut” tuturnya.

“Ini bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa kita lebih mengenal dan mendalami dunia bisnis, juga untuk kegiatan yang nantinya berguna dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa agar mereka lebih gampang temukan pasar kerja” imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa Unram merupakan salah satu dari enam perguruan tinggi dalam negeri yang mendapatkan dana hibah tersebut disamping tiga perguruan tinggi luar negeri lainnya di wilayah Eropa.

“Dari enam kampus dalam negeri yang ikut diberangkatkan, nantinya yang menjadi leading consorsium (penanggung jawab utama) yakni Institut Teknologi Surabaya (ITS)” imbuhnya.

WR IV itu mengatakan bahwa Unram akan berdiskusi dan melakukan kegiatan workhop saat berkunjung ke tiga kampus di Italia dan Firlandia disamping menunjukan potensi yang miliki mahasiswa Unram.

”Yang tidak kalah penting adalah pengembangan model yang miliki mahasiswa Unram saat ini’’ terangnya.

Untuk keberangkatan beberapa delegasi Unram baik dari kalangan birokrasi maupun mahasiswa untuk mengikuti program Erasmus ke Negara Eropa tersebut, direncanakan tahun ini.

“Namun, karena saat ini dunia masih dihantui Pandemi Corona, jadi belum ada informasi yang pasti dari kampus tujuan, mungkin menunggu kondisi aman dari penyebaran virus Corona” tutupnya.