Kerjasama dengan UiTM, Rektor Unram Tegaskan Tindaklanjut

Published On: August 6th, 2022Categories: Berita, KerjasamaBy 1.3 min read

Mataram, Universitas Mataram – University Teknologi Mara (UiTM), Malaysia dan Universitas Mataram (Unram) sepakat menandatangani Letter of Intent (LoI), di Ruang Sidang Senat Rektorat Jumat (29/7) lalu. Penandatanganan LoI dilakukan dalam rangka membangun kolaborasi di bidang pendidikan, yang diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk pertukaran dosen maupun mahasiswa.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kolaborasi antara Unram dengan UiTM merupakan penyemangat dan pemicu untuk Unram agar semakin maju dan berkembang. “Terus terang saja ini menjadi optimistme bagi kita, dan tentunya mendorong kita untuk membuka diri dengan perguruan tinggi besar dunia,” ucap Prof. Bambang.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu juga menjelaskan bahwa UiTM memiliki jurusan di berbagai bidang seperti bidang Science and Technology, Social Science, dan Art and Humanity. Sehingga memberikan peluang kerja sama yang kuat bagi fakultas-fakultas di Unram seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta 3 Program Studi di bawah Rektor (Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Hubungan Internasional – Red).

Prof. Bambang juga menjelaskan jika kerja sama yang dilakukan merupakan target Unram dalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU). Terutama indikator dalam bekerjasama dengan universitas yang memiliki ranking internasional. Ia menegaskan bahwa MoU yang sudah ditandatangani harus segera diimplementasikan.

“Tidak cukup jika hanya Rektor ataupun Wakil Rektor yang menandatangani MoU, tetapi kita butuh MoA dari Dekan Unram dengan Dekan UiTM. Dan kita juga membutuhkan implementation agreement antara program studi di Unram dengan department di UiTM,” tekannya.

Deputy Vice-Chancellor UiTM, Prof. Dr. Mohamad Hariri Abdullah saat menyampaikan sambutan menjelaskan bahwa UiTM merupakan universitas terbesar di Malaysia, dengan kapasitas 187.000 orang mahasiswa.

“Dengan kapasitas yang ada itu UiTM memiliki 17 fakultas dan 2 colleges. Di mana colleges ini kita sedang dalam proses penambahan. Salah satunya Colleges Engineering. Sehingga ke depan akan ada 10 colleges di UiTM. Dan kita juga ada program sebanyak 513 program dalam seluruh kampus kita,” jelas Prof. Hariri.

Prof. Hariri mangatakan jika peluang bagi civita akademika Unram yang ingin melanjutkan studi di UiTM sangat terbuka. Selain tanda tangan LoI, UiTM juga memberikan Kuliah umum yang dikemas dalam Talkshow bertajuk “Strategies for Publishing in High-Ranked Journal” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Jamaliah Said selaku Director Accounting Research Institute UiTM.

Berita Lainnya