Kerjasama

Kebijakan pengembangan kerjasama dan perluasan jejaring (networking) Universitas Mataram diarahkan dalam rangka mempercepat proses pengembangan Unram ke depan. Dalam kaitan ini, beberapa program yang telah dan akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan tatakelola kerjasama terstandar termasuk penerapan panduan kerjasama Universitas Mataram.
  2. Telah mendirikan Kantor Urusan Internasional (International Office Affair/OIA) suatu lembaga yang khusus menangani urusan kerjasama internasional secara professional. Kinerja IOA terus didorong agar menghasilkan jejaring kerjasama internasional yang mampu meningkatkan kegiatan Tri Dharma.
  3. Mempertahankan dan memelihara berbagai program kerjasama yang telah berjalan dengan baik, dan melakukan berbagai upaya untuk memulai berbagai program kerjasama yang selama ini belum berjalan sementara MoU nya sudah ada dan masih berlaku.
  4. Mengembangkan pusat-pusat unggulan (Center Excellent) berbasis keunggulan komparatif dan keunggulan kopetitif. Beberapa pusat unggulan pendidikan dan riset internasional sedang dirintis dan satu pusat unggulan riset internasional sudah berdiri merupakan hasil kolaborasi internasional dengan beberapa Perguruan Tinggi baik di Indonesia maupun dari luar negeri. Selain itu dengan kebijakan pemerintah pusat yang mendorong munculnya pusat-pusat ungggulan nasional, Unram terus mendorong pusat-pusat penelitian agar meningkatkan kinerjanya dan kapasitasnya agar mampu bersaing dan menjadi pusat unggulan nasional seperti pusat-pusat unggulan yang relevan dengan pengembangan NTB sebagai koridor 5 dalam Master Plan Percepatan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
  5. Mengintensifkan berbagai publikasi tentang Unram utamanya pengembangan pusat unggulan, SDM, program riset dan pemberdayaan masyarakat, melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga potensi kemampuan Unram dalam menyelenggarakan kerjasama dapat diketahui oleh masyarakat secara baik.
  6. Mendorong munculnya penerbitan dalam bidang-bidang-bidang unggulan spesifik baik yang sifatnya Publikasi Ilmiah, maupun publikasi yang sifatnya non ilmiah, termasuk koran, jurnal, ataupun buletin: baik pada tingkat universitas maupun yang diterbitkan oleh unit-unit.
  7. Memfasilitasi penyelengaraan seminar- seminar, symposium, ataupun workshop yang sifatnya nasional dan internasional dalam rangka memperbanyak hubungan dengan dunia luar; sekaligus meningkatkan wawasan para staf akademik dan administrasi.
  8. Memfasilitasi staf yang berminat untuk mendapatkan sertifikasi dalam bidang- bidang tertentu yang sangat penting dalam rekrutmen tenaga konsultan pada berbagai bidang yang relevan dengan program pembangunan.
  9. Menumbuhkembangkan berbagai labolatorium unggulan yang ada untuk menjadi labolatorium yang terakreditasi dan diakui oleh komunitas nasional dan internasional. Hal ini sangat penting dalam rangka kita menjalin kerjasama dengan perusahaan ataupun instansi yang memerlukan penelitian pada labolatorium yang terakreditasi, seperti perusahan- perusahan nasional dan internasional seperti perusahaan tambang, dan perusahaan produk makanan.
  10. Berperan aktif dalam berbagai organisasi profesi maupun organisasi jaringan universitas di tingkat nasional dan internasional. Pada saat ini banyak sekali organisasi dengan jaringan Perguruan Tinggi di tingkat kawasan dan internasional yang memungkinkan setiap PT untuk menginisasi berbagai program kerjasama, seperti pertukaran mahasiswa,pertukaran staf pengajar, credit earnings, collaborative research, curriculum development, dan sebagainya..
No Kerjasama File
1 MOU FK UNRAM DGN RSUD PATUT PATUH PATJU download
2 MoU Unram – PT. Prima Cahaya Agung download
3 MoU Unram – BPPK Kementerian Keuangan download
4 MoU Unram – Ajou Motor Collage download
5 MoU Unram – Universitas Khairun Ternate download
6 MOU FK UNRAM DENGAN DIKES LOBAR download
7 MOU FK UNRAM DAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN DGN PENGABDIAN MASYARAKAT download
8 MOU TTG KEMITRAAN DLM TATA KELOLA PEMBANGUNAN download
9 MOU UNRAM PT. ELNUSA JAKARTA download
10 MoU Unram – Univ. Panca Bhakti download
11 MOU UNRAM UNIV NEW ENGLAND AUSTRALIA download
12 MOU UNRAM-UNIV SELANGOR MALAYSIA download
13 MOU KOMUMOTO UNIV-UNRAM ON STUDENT EXCHANGE download
14 MOU UNRAM-CHARLES DARWIN UNI AUSTRALIA download
15 MoU Unram-Nothern Arizona Univ download

Kantor Urusan Internasional

UNRAM telah berkontribusi besar dalam penciptaan lulusan yang kompeten dan profesional dalam lingkup ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi tujuan utama terselenggaranya suatu lembaga pendidikan. Seluruh lulusan siap bersaing secara global dengan kapasitas dan bekal yang telah dimiliki.

OFFICE OF INTERNATIONAL AFFAIRS