Pengembangan Kerjasama Unram

Home/KERJASAMA/Pengembangan Kerjasama Unram
Pengembangan Kerjasama Unram 2017-05-02T11:44:07+00:00

DUA BELAS WAKIL REKTOR PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MEMBAHAS TINDAK LANJUT KERJASAMA PERGURUAN TINGGI HASIL KUNJUNGAN KERJA KERJA KE INGGRIS BULAN MARET YANG LALU DENGAN BRISITH COUNCIL

 pr4_inggris

Bertempat di Hotel Atlet Century Jakarta, 12 Wakil Rektor dari kiri Universitas Cendrawasih Jayapura, Untan Palangkaraya, UBB Bangka Belitung, Unsrat Menado, Unram Mataram, Unud Denpasar, Unpar Bandung, USU Medan, Unej Jember, Unand Padang, Usyiah Banda Aceh, dan Unipati< Ambon pada tanggal 22 Mei yang lalu membahas tindak lanjut hasil kunjungan 12 Wakil Rektor ke beberapa Universitas di Inggris bulan Maret yang lalu selama  15 hari. Pada kesempatan pembukaan Steve Buckle dari Bagian Pendidikan British Council Jakarta menyampaikan bahwa Kerjasama Antara Kementrian Pendidikan Ingris dan DIKTI telah disepakati akhir tahun lalu.

Pada tahun 2014 diharapkan sekitar 150 karyasiswa program S3 dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dapat menjadi target dalam pengiriram karyasiswa ke Inggris. Unram telah secara inten berupaya untuk memperoleh peluang tersebut dengan telah memiliki dua MOU dengan Universitas di Inggris, yaitu dengan Universitas Northampton dan Leicester University.  Rektor Unram berharap sivitas akademika Unram dapat memanfaatkan peluang ini sebaik baiknya untuk dapat meraih beasiswa dari DIKTI untuk melanjutkan studi S3 ke Inggris. Pada bulan  Oktober tahun ini diharapkan Prof Douglas Tallack dari Leicester University Inggris  akan mengunjungi Unram dan beberapa Universitas yang tergabung dalam kebersamaa ini  untuk secara langsung menjaring peluang staf Unram yang dapat memperoleh beasiswa S3 ke Inggris. Selain kerjasama peluang pengiriman staf untuk mengambil S3 ke Inggris, peluang kerjasama riset kolaboratif juga dibahas dalam pertemuan dengan Steve Buckle di Hotel Century minggu kemarin. Bristish Council Jakartaa pada tanggal 15-18 September 2013 akan memfasilitasi terjadinya Seminar Nasional dengan mengangkat topik (1) Energi Baru dan Terbarukan (2) Kesehatan (3) Biodiversity dan Lingkungan dan (4) Ketahanan pangan. Unram telah memilih topik (1), (2) dan (4), sehingga diharapkan terjadi kolabortif proposal kerjasama joint riset antara Unram dengan beberapa Universitas di Inggris dalam bidang Energi baru dan terbarukan, bidang kesehatan dan bidang ketahanan pangan.

Rektor Unram berharap para peneliti Unram yang telah tergabung secara solid dalam grup riset pengembangan keilmuan dapat secara aktif berperan untuk meraih peluang kerjasama kolaboratif dengan beberapa pakar-pakar internasional dari berbagai universitas di  Inggris. Untuk informasi secara detail dapat menghubungi Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Prof Suwardji Ph.D.

Selain dua bidang tersebut juga dibahas peluang pengembangan program double degree antara Universitas di Inggris dengan Unram baik untuk Program S1 maupun Program Pasca Sarjana (S2 dan S3). Untuk program yang terakhir ini perlu kajian yang mendalam potensi pasar dan bentuk kerjasama pengembangan program internasional yang potensial yang dapat dijalankan di Mataram dengan menggandeng Universitas di Inggris. Hal yang terakhir ini rencananya akan dibahas secara mendalam di Mataram pada akhir Juni 2013 (Laporan dari Bidang Kerjasama Unram).