Mataram – Universitas Mataram. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal: Jalan Menuju Jurnal Terakreditasi dan Terindeks Scopus. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, 7-8 Desember 2018, di Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Informasi (Pustik) Universitas Mataram.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik Prof. Lalu Wiresapta Karyadi, M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan tantangan yang harus dihadapi untuk memajukan Universitas Mataram. “Tantangan terbesar untuk memajukan Unram saat ini memang terkait SDM yang mau menekuni aspek-aspek yang bernuansa sistem informasi. Maka dari itu, kepada teman-teman dibutuhkan juga dedikasi dan komitmen yang tinggi,” ungkapnya.

Prof. Wirasapta berharap sistem pengelolaan jurnal ini dapat dilembagakan. Sebab, menurutnya, sistem pengelolaan jurnal sudah menjadi bagian penting untuk kemajuan Universitas Mataram.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada jurnal-jurnal yang telah terakreditasi Science and Teknology Index (SINTA) oleh Prof. Wirasepta dan ketua LPPM Muhammad Ali, Ph.D.

Beberapa jurnal yang mendapatkan penghargaan anatara lain jurnal IUS Fakultas Hukum terakreditasi SINTA 2, jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem (JRPB) Fatepa terakreditasi SINTA 3, jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA) Magister MIPA terakreditadi SINTA 4, JMME FEB terakreditasi SINTA 5, Jurnal Biologi Tropis FKIP Jurusan Biologi terakreditasi SINTA 5, dan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT)  FKIP masuk pada SINTA 5. (Humas Unram).