Mahasiswa KKN Unram Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah Untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Pendapatan Keluarga

Published On: August 3rd, 2022Categories: Berita, Kuliah Kerja Nyata, MahasiswaBy 1 min read

Mataram, Universitas Mataram – Salah saatu Kelompok KKN Tematik (KKN-T) Universitas Mataram (Unram) di Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur mengadakan kegiatan Sosialisasi Rumah Pangan Lestari (RPL) dengan fokus kegiatan “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Rumah Pangan Lestari Dengan Metode Vertikultur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Pendapatan Keluarga”. Bertempat di salah satu Posyandu Keluarga Serumpun Bambu 1, Minggu (24/7).

Bimo Agung Wibowo Rahman selaku ketua kelompok KKN Desa Labuhan Lombok menjelaskan terdapat 2 pokok materi yang disampaikan dalam Sosialisasi tersebut, yakni terkait tanaman hidroponik dan tanaman sistem vertikultur. Kemudian kelebihan dan kekurangan kedua tanaman tersebut, serta teknik dan cara membudidayakan. Sementara itu, jenis tanaman tanaman Holtikuktura yang disosialisasikan seperti kangkung darat dan pakcoy.

“Kami selaku mahasiswa KKN memberikan ilmu dan pelatihan sesuai dengan apa yang telah kami peroleh di bangku perkuliahan dan mengimplementasikan kepada masyarakat” ujar Bimo saat pembukaan sosialisasi
Pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayur dengan metode hidroponik dan vertikultur ini merupakan salah satu upaya warga dalam meningkatkan ketahanan pangan. Bimo dkk, berharap kegiatan yang mereka lakukan dapat meningkatkan pendapatan keluarga di Dusun Sandubaya Timur, Desa Labuhan Lombok.

Program Bimo dkk disambut antusias warga, salah satunya Salatiah selaku ketua kader Desa Labuhan Lombok. Salatiah berharap masyarakat sekitar posyandu serta kadernya bisa memanfaatkan pekarangan rumah mereka agar lebih bermanfaat dikemudian hari.
Kegiatan ini dihadiri oleh ketua kader Posyandu Desa Labuhan Lombok, ibu-ibu kader dan masyarakat setempat posyandu. Setelah acara sosialisasi selesai, masyarakat serta kader yang hadir dihadiahkan beberapa produk vertikultur dari limbah bekas serta bibit pohon yang diharapkan ditanam dan dirawat di pekarangan mereka.

Berita Lainnya