Mataram, Universitas Mataram – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) kembali mengharumkan nama almamater di tingkat daerah. Ia adalah Lalu Faesal Amrullah yang merupakan mahasiswa jurusan Kimia Fakultas MIPA Unram.

Faesal berhasil meraih juara I kategori putera di ajang Pemilihan Duta Bahasa NTB yang digelar oleh Kantor Bahasa NTB di Aston Inn Hotel, Kamis (16/7) Lalu.

“Allhamdulillah, sangat bersyukur sekali,” ujarnya saat dihubungi Humas Unram, Minggu (19/7) pagi.

Faesal mengatakan ajang tersebut bertujuan mencari pemuda teladan kebahasaan dikisaran usia 18 hingga 25 tahun, untuk menjalankan misi sebagai role model remaja agar mengutamakan bahasa Indonesia.

Selain itu juga untuk melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

“Pendaftarannya untuk umum, untuk pemuda usia 18 sampai 25 tahun,” terang Mahasiswa Semester II itu.

Faesal berhasil mengalahkan 200 orang  kompetitor dari berbagai penjuru NTB pada lomba yang digelar sejak awal Juli itu. Self improvement (pengembangan diri), dinilainya sebagai alasannya untuk mengikuti kompetisi.

“Saya juga mau mengukur sejauh mana kemampuan dan pengetahuan kebahasaan saya,” ungkapnya.

Mahasiswa yang memiliki hobi desain grafis itu membeberkan, dalam perlombaan dirinya membuat program inovatif yaitu modernisasi permainan dengkleq sebagai media pembelajaran kultur dan kebahasaan. Sehingga dengan permainan tradisional yang sudah dikembangkan, dia menyisipkan materi-materi bahasa dan budaya dalam bentuk kode QR.

“Selain itu di tahap seleksi minat, saya menampilkan puisi dalam 5 bahasa, yaitu bahasa Sasak, Indonesia, Inggris, Jerman, dan bahasa isyarat,” jelasnya.

Dia berpesan kepada seluruh pemuda khususnya mahasiswa, agar jangan pernah berhenti mencoba dan agar selalu totalitas dalam setiap ikhtiar mereka. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya di ajang bergengsi itu.

“Doakan saya supaya bisa bawa harum nama NTB di Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional di Kemendikbud RI pada Oktober mendatang,” serunya.

Selain Faesal, mahasiswa Unram lain juga turut menjadi pemenang diajang tersebut.

Desita Qudratul Aulia mahasiswa prodi Hubungan Internasional  berhasil meraih juara II kategori puteri dan Lalu Tsani Restu Atmaja prodi Sosiologi sebagai juara favorit.

Sementara itu, Wakil Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M. Si saat dimintai tanggapan melalui aplikasi pesan hari Minggu (19/7) merasa bersyukur melihat mahasiswa  Unram dapat berprestasi dan mengembangkan bakatnya.

“Alhamdulilah, mahasiswa Unram dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai minat bakat dan kemampuannya.  diharapkan mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi dan berkarakter,” tuturnya kepada Humas Unram.