Mataram, Universitas Mataram – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan daftar Pemeringkatan Kemahasiswaan pada  Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Perguruan Tinggi, Senin (31/8) lalu. Dari daftar tersebut, Universitas Mataram (Unram) berhasil menempati urutan ke-57 pada Simkatmawa tahun akademik 2019/2020 atau naik 59% dari tahun lalu.

Sebelumnya Unram berada di posisi ke-103 dari total 2.327 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini disambut baik Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si.

“Allhamdulillah naik 59%,” tutur Prof. Enny kepada Humas Unram di Rektorat Unram, Rabu (2/9) kemarin.

Prof. Enny menjelaskan bahwa kenaikan tersebut telah mengantarkan posisi Simkatmawa Unram ada diurutan ke-57 pada tahun akademik 2019/2020, dari total 2.327 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia .

“Tahun akademik 2018/2019 sebelumnya Unram ada di Urutan ke-103,” jelasnya.

Simkatmawa merupakan sebuah sistem pemeringkatan yang dijadikan acuan bagi Kementrian dan Perguruan Tinggi (PT) dalam melaksanakan pelaporan kinerja atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan yang dilaporkan secara online melalui laman Simkatmawa Kemendikbud oleh masing-masing PTN dan PTS.

Pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong PT untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan sehingga dapat menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional demi kemajuan Indonesia.

Prof. Enny mengatakan, melesatnya pencapaian tersebut adalah berkat kerja keras dari seluruh civitas akademika Unram untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas program-program dibidang kemahasiswaan.

“Beberapa program kemahasiswaan tersebut antara lain, Program Kreativitas Mahasiswa  (PKM), kegiatan non lomba/rekognisi seperti mahasiswa yang mendapatkan penghargaan karena pendaftaran hak paten atau memiliki hak cipta/paten, sebagai juri/tutor nasional maupun internasional, pemakalah/speaker conference/seminar nasional/internasional, serta menjadi peserta dalam pameran internasional/nasional,”ungkapnya.

“Selain itu, ada juga mahasiswa yang berwirausaha, pertukaran mahasiswa nasional maupun internasional, pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, dan prestasi kokurikuler maupun ekstra kurikuler mandiri,” tambahnya.

Guru Besar dalam Ilmu Peternakan Unram itu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum dan seluruh civitas akademika yang telah memberikan dukungan dan kontribusi terbaik kepada bidang kemahasiswaan.

Melalui Simkatmawa, dia juga mengajak seluruh civitas akademika untuk melalukan evaluasi guna meningkatkan kegiatan-kegiatan dibidang kemahasiswaan sehingga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional demi kemajuan Universitas Mataram.