Membumikan Pancasila di Era Milenial

 

Pancasila sebagai dasar negara memegang peranan penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, di era milenial Pancasila memiliki tantangan besar, salah satunya adalah kehadiran media sosial yang banyak digunakan oleh kaum milenial.

Melalui kegiatan Talkshow yang dilaksanakan oleh Bakti Djarum Foundation Road to Campus bekerjasama dengan Universitas Mataram di Lapangan Sepak Bola Unram, Sabtu (2/04/2018) kemarin, Mantan Ketua Mahkamh Konstitusi Mohammad Mahfud MD dan Pemerhati Sosial Inayah Wahid, dan artis papan atas Reza Rahadian yang hadir sebagai pembicara bercerita tentang Pancasila di Zamanku.

Dalam acara yang dipandu oleh jurnalis senior Rosiana Silalahi itu, Mahfud MD mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat milenial saat ini yaitu perkembangan media sosial yang begitu cepat. Menurut pakar hukum tata negara itu, media sosial tidak hanya bisa memberikan manfaat bagi suatu bangsa tapi juga dapat merusak bahkan menimbulkan perpecahan bagi bangsa.

“Tantangan milenial adalah masalah dari sosial media. Melalui sosial media kita bisa mengambil manfaat tapi juga bisa merusak bangsa kita sendiri. Jangan sampai kita berita hoax yang tersebar melalui sosial media dapat menyudutkan satu kelompok tertentu dengan menyuarakan ujaran kebencian,” jelasnya. Mahfud MD menyarankan penggunaan teknologi dan media sosial dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila.

Mahfud juga berharap Pancasila dapat dijaga dengan baik agar bangsa Indonesia terbebas dari ancaman maupun intervensi yang akan merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mahfud MD meyakini Pancasila bisa menciptakan zaman anti diskriminasi dimana seluruh masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam mengukir prestasi untuk Indonesia.

Senada dengan itu, Inayah Wahid mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi sekaligus perekat perbedaan yang ada di Indonesia harus terus dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama oleh para generasi muda.

“Jangan sampai kita kehilangan ideologi sebagai sebuah bangsa dan generasi mudalah yang punya kekuatan untuk menjaganya,” papar perhati sosial dari Wahid Institut tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Unversitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum menghimbau kepada seluruh generasi muda untuk tetap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Di akhir acara Unram dan Djarum Foundation saling bertukar cenderamata. Semua pembicara di acara tersebut juga diberikan cenderamata sebagai kenang-kenangan dari Unram. (Humas Unram)

 

2018-04-12T16:50:15+00:00

Upcoming Events

There are no upcoming events at this time.

Hubungi Kami :

Jl. Majapahit No.62 Mataram 83125

Phone: 0370-633007

Fax: 0370-636041

Web: https://unram.ac.id