Mataram, Universitas Mataram – Menteri Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Northern Territory (NT), Hon Selena Uibo MLA, didampingi oleh Cathy White dari Business and Workforce NT dan Rachael Shanahan dari Study NT serta perwakilan dari Charles Darwin University Group Training Northern Territory, Alana Kaye College dan International College of Advance Education mengunjungi Universitas Mataram (Unram), Senin (7/10) siang.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unram Yusron Sa’adi, ST., M.Sc., Ph.D menemui Menteri Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Northern Territory bersama rombongan di Ruang Sidang Rektor, hadir juga Dekan, Ketua Program Studi di Lingkungan Unram, Ketua  Pascasarjana, dan Ketua Kantor Urusan Internasional Unram.

“Saya berharap kita bisa berdiskusi dan membuat suatu kolaborasi, mengingat Unram juga telah memiliki hubungan yang baik dengan universitas-universitas di Australia” tutur Yusron saat memimpin pertemuan.

Yusron juga mengungkapkan bahwa kerjasama antara Unram dengan Universitas-universitas yang ada di Australia telah terjalin sejak lama. Dia menjelaskan bahwa banyak program-program riset yang dilakukan Unram merupakan kerjasama dengan Universitas di Australia salah satunya dengan massey University.

Keinginan Unram agar bisa menjalin kolaborasi dengan Universitas yang ada di Northern Territory di sambut baik oleh Hon Selena Uibo MLA. Dia mengatakan bahwa telah menjadi komitmen pemerintah Australia untuk menjalin kemitraan yang baik dengan pemerintah Indonesia termasuk dalam bidang pendidikan sebagai Negara tetangga.

“Kami juga berharap bisa melakukan kerjasama pendidikan seperti publikasi riset bersama, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa maupun seminar internasional dengan Universitas Mataram” ungkap Selena.

Lebih jauh Selena menjelaskan bahwa Charles Darwin University yang juga ikut dalam rombongannya telah menjalin kemitraan dengan banyak lembaga di Indonesia untuk memperkuat kerjasama baik dibidang pendidikan, budaya, teknologi mitigasi bencana, pelatihan (training) kepada staff dan lain-lain.

Sementara itu, Yusron Sa’adi, ST., M.Sc., Ph.D meminta agar diskusi yang dilakukan dapat ditinjaklanjuti dalam bentuk kerja sama yang dapat dilaksanakan bersama kedepan.