OBE : Model Pendidikan Berorientasi Mahasiswa

Categories: Inovasi400 words1.5 min read

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) akan mengembangkan Pendidikan Berbasis Capaian atau yang biasa disebut sebagai Outcome Based Education (OBE). Langkah ini ditempuh Unram sebagai salah satu syarat untuk meraih akreditasi/sertifikasi internasional. Hal ini tak dapat dilepaskan dari geliat Unram untuk merealisasikan visi menjadi lembaga perguruan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025.

Prof. Ir. Hadi Suyono, ST., MT., Ph.D, IPU., ASEAN.Eng menjelaskan bahwa OBE adalah pendekatan desainn kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka.

“OBE berorientasi pada mahasiswa, bukan pada proses. Sehingga yang ditekankan dalam OBE adalah ketercapaian mahasiswa,” paparnya saat mengisi Workshop Pengembangan Pendidikan Berbasis Capaian/Outcome Based Education (OBE) yang digelar secara daring oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unram, Kamis (6/5).

Dijelaskan, OBE adalah pendekatan untuk merencanakan (planning), memberikan (delivering) dan mengevaluasi (evaluating) pendidikan yang mengharuskan pengelola, dosen dan mahasiswa untuk memusatkan perhatian dan upaya mereka pada hasil pendidikan yang diinginkan. OBE tidak mengganti model pengajaran yang sudah ada, melainkan  menyempurnakannya.

“Jadi kita tidak menghilangkan dari apa yang sudah kita lakukan, cuma kita menyempurnakan dan menyesuaikan terus,  terutama yang belum ada itu asesmen,” terangnya.

Guru Besar Teknik Elektro Universitas Brawijaya ini lebih lanjut mengatakan, asesmen dalam OBE adalah asesmen yang dilakukan pada pembelajaran, mata kuliah dan mata praktikum. Sehingga model OBE ini sangat komprehensif. Pendekatan OBE memungkinkan untuk melakukan perencanaan, implementasi, evaluasi dan  asesmen. Baik di akhir mata kuliah maupun di akhir mahasiswa lulus.

“Jadi inti dari OBE adalah bagaimanakah ketercapaian dari janji-janji kurikulum kita kepada mahasiswa. OBE mengatur dan memfokuskan segala sesuatu dalam sistem pendidikan agar semua mahasiswa dapat berhasil,” katanya.

Baca Juga : Workshop Pengisian Aplikasi PRIMA Mudahkan Unram dalam Tracer Study

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram mengatakan OBE menjadi sangat penting mengingat ia menjadi prasyarat untuk meraih akreditasi unggul maupun akreditasi/sertifikasi internasional. Lebih-lebih OBE juga punya keterkaitan dengan delapan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT). Diantaranya adalah adalah IKU 1 bagaimana PT mencetak lulusan yang mampu mendapatkan pekerjaan yang layak, IKU 6 bagaimana membentuk pembelajaran yang kolaboratif partisipatif,   IKU 7 bagaimana program studi bisa bekerjasama dengan mitra kelas dunia, dan IKU 8 adalah prodi yang terakreditasi internasional.

“Belum lagi visi Unram untuk go Internasional, sehingga OBE ini adalah sebuah keniscayaan dan kita harus sama-sama fokus untuk mempersiapkannya,” pungkasnya.

AUTHOR

Maiden

TANGGAL

May 8, 2021

KATEGORI
BAGIKAN

Berita Lainnya