Mataram, Universitas Mataram – Rumah Sakit Universitas Mataram (RS Unram) bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Noordhoff Craniofacial Foundation dan Chang Gung Hospital Taiwan menggelar operasi bibir dan lelangit sumbing gratis, Jumat (22/11) lalu.

Acara tersebut diselenggarakan selama 4 (empat) hari yakni terhitung sejak Selasa, 19 November hingga Jumat, 22 November lalu.

Direktur RS Unram dr. Ahmad Taufik mengatakan bahwa terdapat 26 orang yang telah dioperasi pada kegiatan bakti sosial tersebut.

“Program tahunan ini sudah dua kali diadakan” ungkap dr. Ahmad.

Sebelas orang tim bedah plastik dari Chang Gung Hospital Taiwan secara khusus datang ke Lombok. Tim tersebut bekerjasama dengan RS Unram untuk melakukan tindakan operasi.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat NTB” terangnya.

Peserta operasi telah melakukan proses seleksi (skrining pre-operasi) pada 13 hingga 14 dan 18 hingga 22 November lalu. Proses tersebut meliputi pemeriksaan laboratorium, rontgen dada, pemeriksaan dokter spesialis anak dan spesialis bedah plastik.

“Dari 55 orang mendaftar, 26 orang lolos persyaratan tindakan operasi” tuturnya.

Peserta operasi gratis berasal dari Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Termasuk Sumbawa, Bima dan Dompu.

Kegiatan ini diharap membantu penderita yang umumnya berasal dari keluarga kurang mampu. Tindakan medis operasi yang relatif mahal untuk memperbaiki gangguan fisik, dapat dijangkau penderita dengan program ini.

“Anak dengan kondisi ini memiliki rasa rendah diri dan rentan dapat perundungan lingkungan sekitar” imbuhnya.

Terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial Operasi Bibir dan Lelangit Sumbing mendukung semangat tema HKN ke-55 tahun 2019 yaitu Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

“Kegiatan lanjutan, RS Unram akan terus melayani operasi bibir sumbing secara rutin setiap bulan dengan menggandeng lembaga-lembaga kemanusiaan” tandasnya.