Mataram, Universitas Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan Workshop Riset mengusung tema “Menuju Daya Saing Asia : Succes Story Join Publikasi Internasional” di gedung Dome Unram, Kamis (12/9).

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya, M.Si. dihadirkan sebagai narasumber dalam Workshop tersebut. Kegiatan ilmiah tersebut dihadiri oleh sedikitnya sekitar 200 orang peniliti, dosen dan guru besar yang ada di lingkungan Universitas Mataram.

Sementara itu, Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk melakukan diskusi dan berbagi pengalaman Prof. Adiwijaya dengan dosen-dosen maupun guru besar di lingkungan Unram tentang bagaimana kiat-kiat mendongkrak artikel yang terindeks di jurnal yang bereputasi dan memiliki Hak Kekayaan Intelektual.

“Sebab hal tersebut akan menjadi acuan untuk mengukur kinerja sebuah perguruan tinggi,” tutur Prof. Husni.

“Kegiatan ini untuk memacu teman-teman baik dosen, yang S3 maupun guru besar untuk berpacu menghasilkan produk-produk riset yang inovatif ” tegas Prof. Husni saat dimintai keterangan.

Prof. Adiwijaya saat menyampaikan materi workshop memberikan motivasi kepada para dosen dan peneliti agar tidak mudah menyerah dalam melakukan riset.

“Meski ditolak, kita tidak boleh berhenti disana saat melakukan riset. Kita harus pantang menyerah sebagaimana yang dikatakan almarhum Pak Habibie sehingga beliau bisa merakit pesawat. Kemudian menginspirasi seluruh anak bangsa sehingga mereka melihat bahwa figur itu adalah figur yang hebat. Nah, itu adalah nilai tambah yang tak ternilai harganya” kata Prof. Adiwijaya.

Professor ahli Teori Graf dan Image Processing itu menambahkan, “bahwa kiat sukses dalam melakukan riset adalah membangun komitmen yang kuat dengan memantapkan hati dalam melakukan riset, membangun team serta trust dari stakeholder maupun objek yang diteliti, memenajemen waktu secara efektif dan efisien, melengkapi sudut pandang dan menikmati tahap demi tahap proses dalam riset yang sedang digeluti” pungkasnya.

Melalui kegiatan workshop ini, Unram dan Telkom University menjalin kerjasama dalam bidang riset. Penandatanganan Kerja Sama dilakukan sesaat sebelum Workshop dimulai yang diwakili oleh Rektor Unram, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum dan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, M.Si.