ICBB, Langkah Unram Jadi Universitas Berkelas Dunia

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) kembali menggelar seminar Internasional Biosains dan Bioteknologi ditengah pandemi Covid-19 untuk ketiga kalinya. The 3th International Conference on Bioscience and Biotechnology (ICBB) kali ini mengangkat tema “Bioscience and Biotechnology Research for Environmental Sustainability” dan digelar secara daring selama tiga hari mulai tanggal 12-14 Oktober 2020.

Meski digelar tanpa tatap muka langsung, Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D selaku ketua panitia Seminar Internasional menyampaikan bahwa ICBB menghadirkan pembicara dari berbagai Universitas luar negeri seperti Prof. Dr. Lim Phaek Em dari Universitas of Malaya, Malaysia, Prof. Jong-Min Lee dari Nanyang Technological University, Singapore, Prof. Chang’an Xu dari Third Institute of Oceanography China, Prof. Deo Florence L. Onda, Ph.D. dari University of The Philippines Marine Science, Philippine, Prof. Akihiro Hazama dari Fukushima Medical University, Japan, dan Prof. Julian Heyes dari Massey University, New Zealand.

Sementara itu, pembicara dari Unram diwakili Eka S. Prasedya, Ph.D. dan Prof. Ir. H. Sunarpi, Ph.D.

“Seminar internasional ini untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Kelompok Studi Biosains dan Bioteknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unram pada tahun 2018, kemudian seminar serupa juga digelar pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 ini adalah merupakan Seminar Internasional Biosains dan Bioteknologi yang ketiga” kata Prof. Sunarpi.

Dia juga menyampaikan total arikel yang akan dipresentasikan dalam Seminar internasional yang ketiga ini, yaitu sejumlah 150 artikel.

60 artikel berasal dari Universitas Mataram dan 60 artikel lain berasal dari berbagai Universitas seperti Univesitas Brawijaya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Universitas Pendidikan Mandalika, Fukushima Medical University, Universitas of Malaya, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Udayana, Cordova University, Universitas Diponogoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Lambung Mangkurat, Kementerian Pertanian, Universitas Muhammadiyah, Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Politeknik Husada Mataram, Politeknik negeri Ketapang, Universitas Indonesia, University of The Philippines Marine Science, Universitas Kristen Duta Wacana, Chaoyang University of Technology, dan Universitas Islam al-Azhar Mataram.

Lebih lanjut Prof. Sunarpi mengatakan jika artikel terpilih nantinya akan diterbitkan dalam sebuah prosiding yang terindeks Scopus dan artikel yang tidak terpilih akan diterbitkan dalam prosiding ber-ISBN.

Wakil Rektor Bidang Akademik Agusdin, SE., MBA., DBA. yang mewakili Rektor menyampaikan sambutan menyambut baik terselenggaranya Seminar Internasional Biosains dan Bioteknologi yang ketiga ini.

Menurutnya Seminar internasional ini merupakan wadah yang baik untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman penelitian terutama dalam bidang biosains dan bioteknoligi. Selain itu, terselenggaranya seminar internasional sangat sesuai dengan visi Unram.

“Seminar internasional biosains dan bioteknologi ini merupakan salah satu cara untuk menjadikan visi Unram sebagai Universitas berkelas dunia bisa terwujud,”terangnya.

Agusdin berharap seminar Internasional ini dapat dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional maupun internasional serta dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi dan masukan pada pemerintah maupun komunitas dalam rangka pembangunan di Indonesia.