Home>Berita, Mahasiswa, Pendidikan>Peksimida NTB: Ajang Kembangkan Potensi Minat dan Bakat Mahasiswa

Peksimida NTB: Ajang Kembangkan Potensi Minat dan Bakat Mahasiswa

Published On: September 2nd, 2022By Tags: , ,

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa Daerah Nusa Tenggara Barat (Peksimida NTB) di Gedung Dome Unram pada hari Selasa (30/8) – Rabu (31/8).

Pekan seni dengan tema “Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pengembangan Potensi Minat Bakat dalam Bidang Seni dan Budaya Mahasiswa” ini diadakan dalam dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang seni, meningkatkan prestasi mahasiswa, meningkatkan pengalaman mahasiswa menjadikan implementasi kebijakan Kampus Merdeka.

Peksimida NTB yang digelar selama 2 hari ini diikuti oleh seluruh mahasiswa se-NTB sejumlah 218 orang. Di mana hari pertama merupakan hari pembukaan acara yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan turut dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni di lingkungan Unram, dewan juri dan koordinator tangkai lomba, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Perencanaan, Koordinator dan Subkoordinator, serta seluruh peserta Peksimida NTB.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia, H. Faruk, M.M. menjelaskan final Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) dilakukan pada bulan Oktober di Universitas Brawijaya. Adapun mata lomba yang dikompetisikan, yaitu baca puisi dengan jumlah peserta 55 orang, penulisan puisi 27 orang, desain poster 25 orang, penulisan cerpen 9 orang, fotografi warna 13 orang, fotografi hitam putih 10 orang, penulisan skrip 4 orang, melukis 4 orang, menyanyi dangdut putra 6 orang dan putri 7 orang, menyanyi keroncong putra 1 orang dan putri 1 orang, pop putra 9 orang dan putri 36 orang, menulis lakon 4 orang, monolog 1 orang.

“Acara tahunan ini ditujukan untuk mencari talenta terbaik Peksiminas di Malang. Sejalan dengan tema Peksiminas XVI yaitu ‘Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pengembangan Potensi Minat Bakat dalam Bidang Seni dan Budaya Mahasiswa’,” ujar Prof. Dr. Enny Yuliani, M.Si.

Ajang lomba Peksimida NTB juga merupakan wahana untuk menumbuhkan jiwa kompetisi, mengembangkan kreativitas, melatih kejujuran dan sportivitas, memperluas jaringan, menambah pengalaman, dan menumbuhkan sikap pantang menyerah.

“Tetap semangat dan kreatif, kembangkan potensi yang kalian miliki dan terus asah kreativitas agar karya yang dilahirkan berkualitas, buatlah karya seni terbaik. Oleh karena itu, dalam rangka untuk mencapai prestasi yang baik, diharapkan tidak hanya sekedar kegiatan lomba untuk mencari kemenangan. Tetapi juga diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan mahasiswa dari segala segi, khususnya bakat dan minat,” pungkas Wakil Rektor 3.

Berita Lainnya

Pengumuman

Agenda